alexa snippet

Wakil Konsul AS Bahas Perkembangan Gunung Sinabung

Wakil Konsul AS Bahas Perkembangan Gunung Sinabung
Foto/Dok/Koran SINDO
A+ A-
MEDAN - Erupsi Gunung Sinabung yang tak kunjung berhenti menarik perhatian Wakil Konsul AS untuk Sumatera Tamra H Greig. Tamra berjanji akan mendatangkan ahli untuk meneliti fenomena gunung aktif tersebut.

Kedatangan Tamra ke Kantor Gubernur Sumatera Utara (Sumut) kemarin sore (9/8/2017) disambut hangat Wakil Gubernur Sumut Nurhajizah. Keduanya tampak serius mendiskusikan fenomena Sinabung dan pembangunan di Sumut.

Tamra yang bertugas di Medan sejak 2015 berjanji mencari berbagai peluang kerja sama untuk membantu masyarakat pengungsi di sana. Pada November mendatang, Tamra akan memboyong profesor ahli lingkungan ke Medan.

Tamra mengaku pihaknya melalui United State Geological Survey (USGS) membantu Badan Nasional Penanggulangan Bencana dalam menyediakan teknologi berupa informasi deteksi dini letusan gunung Sinabung. “Teknologi tersebut masih digunakan hingga saat ini dan kami terus membantu melakukan monitoring,” kata Tamra.

Saat membahas pola letusan gunung Sinabung, berdasarkan studi sejak 2013, Tamra memperkirakan letusan akan terus terjadi hingga tahun 2018. Namun, untuk mengetahui kapan sebenarnya Sinabung berhenti erupsi, dibutuhkan riset lebih lanjut.

Sementara itu, Nurhajizah mengungkapkan keprihatinannya terhadap penanganan pengungsian dan penyediaan infrastruktur pendukung pascaerupsi Gunung Sinabungsejak 2010 lalu.

Dia menawarkan kerja sama dalam membantu meringankan beban para pengungsi. Baik melalui penyediaan sarana dan prasarana, peningkatan perekonomian maupun pendidikan anak pengungsi.



(rhs)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top