8 Situs Peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang Tersebar di Indonesia, Ada Candi hingga Prasasti

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 13:45 WIB
loading...
A A A

4. Candi Muaro Jambi


Situs kompleks ini merupakan candi yang beraliran Hindu-Budha. Candi yang satu ini menjadi peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang dibangung pada abad ke-7 hingga 12 Masehi.

5. Candi Biaro Bahal


Candi Biaro Bahal merupakan kompleks candi yang berada di wilayah Sumatera Utara. Belum diketahui secara pasti tentang aliran candi yang satu ini. Namun, candi ini termasuk dalam deretan candi peninggalan Kerajaan Sriwijaya.

Peninggalan Kerajaan Sriwijaya dalam Bentuk Tulisan

1. Prasasti Kedukan Bukit


Prasasti Kedukan Bukit adalah prasasti batu kecil berukuran 45 × 80 cm yang ditemukan pada tanggal 29 November 1920 di Palembang, Sumatera Selatan. Prasasti ini ditulis dalam aksara Pallawa dan menggunakan bahasa Melayu Kuno.

Prasasti Kedukan Bukit memuat tentang penetapan raja baru dari Kerajaan Sriwijaya pada tahun 682 Masehi.

2. Prasasti Talang Tuo


Prasasti yang ditemukan di Palembang ini menggunakan huruf Pallawa dan berbahasa Sansekerta. Prasasti Kerajaan Sriwijaya ini berisi mengenai pembangunan sebuah taman yang dinamakan Sriksetra atas perintah Dapunta Hyang.

3. Prasasti Telaga Batu


Ditemukan di wilayah Palembang, prasasti ini berisi kutukan yang begitu seram yang kepada siapa saja yang tidak menaati perintah raja. Selain itu, dalam prasasti ini juga terdapat data mengenai penyusunan ketatanegaraan dari Kerajaan Sriwijaya.
(okt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1377 seconds (0.1#10.140)