TPA Suwung Denpasar Membara, 20 Hektare Lahan Terbakar

Kamis, 12 Oktober 2023 - 17:41 WIB
loading...
TPA Suwung Denpasar Membara, 20 Hektare Lahan Terbakar
TPA Suwung, Denpasar, Bali terbakar, Kamis (12/10/2023). Kobaran api membakar 20 hektare lahan hingga membara dan menyebabkan asap hitam membumbung tinggi. Foto/iNews TV/Indira Arri
A A A
DENPASAR - Tempat pembuangan akhir (TPA) Suwung, Denpasar, Bali terbakar pada Kamis (12/10/2023). Kobaran api membakar sekitar 20 hektare lahan hingga membara dan menyebabkan asap hitam membumbung tinggi.

Sebanyak 12 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) dari tiga kabupaten/kota dikerahkan untuk memadamkan api yang membakar TPA Suwung.



Kepulan asap pekat terlihat dari kejauhan saat kebakaran hebat terjadi di TPA Suwung. Dari kejauhan api terlihat membakar tumpukan sampah hingga membara.



Embusan angin yang cukup kencang dan panas terik juga mempercepat api merembet ke luasan tumpukan sampah.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Made Rentin menjelaskan, 12 unit mobil Damkar dari Kabupaten Badung, Gianyar dan Kota Denpasar dikerahkan untuk memadamkan api.

Petugas sempat terkendala pasokan air yang cukup jauh, serta akses menuju titik api yang sulit. Kondisi juga diperparah dengan hembusan angin dan panas terik.



Dugaan sementara penyebab kebakaran adalah panas dan suhu udara yang sangat tinggi dalam beberapa hari terkahir.

Hingga Kamis sore upaya pemadaman masih dilakukan pemadaman kebakaran TPA Suwung yang memiliki total luas sekitar 32 hektare. Api dipastikan tidak merembet ke pemukiman warga.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4055 seconds (0.1#10.140)