Pengangkutan Sampah di Purwakarta Terkendala Armada Rusak

loading...
Pengangkutan Sampah di Purwakarta Terkendala Armada Rusak
TPA Cikolotok, menjadi tempat pembuangan sampah untuk 11 kecamatan di Purwakarta. Setiap hari lokasi ini menampung sekitar 100 ton sampah. FOTO : SINDOnews/Asep Supiandi
PURWAKARTA - Sebagian besar armada sampah di Kabupaten Purwakarta, dalam kondisi rusak. Sementara sampah yang harus diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cikolotok terbilang cukup besar, yakni sekitar 100 ton/hari.

Saat ini, terdapat 30 truk dan 15 unit di antaranya rusak. Begitu pula truk Arm Roll dari 9 unit yang laik pakai hanya 5 unit. Ditambah mobil kecil berupa bak terbuka hanya 10 unit yang bisa digunakan, sedangkan 15 unit lainnya perlu perbaikan serius.

Kepala Seksi Armada Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purwakarta, Anggoro Budiyanto mengaku kondisi armada banyak yang rusak menjadi salah satu kendala dalam pengangkutan sampah. Hal demikian menjadi pengaruh belum maksimalnya pelayanan persampahan.

“Kendala lainnya, soal disiplin masyarakat yang membuang sampah di tempat pembuangan sementara yang seharusnya sebelum pukul 07.00 WIB, faktanya masih ada yang buang di atas jam 08.00 WIB. Otomatis sampah yang dibuang itu menjadi tidak terangkut,”ungkap Anggoro kepada SINDOnews, Selasa (4/8/2020).(Baca juga : Penutupan Tak Mempan, Galian Tanah Merah di Purwakarta Kembali Beroperasi)



Meskipun begitu, pihaknya tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik di tengah berbagai kendala dan keterbatasan. Selama ini sampah rumah tangga masih bisa terangkut dan jarang terjadi penumpukan.

Di bagian lain, Kepala Seksi TPA Cikolotok, Maman menyebutkan, tidak semua kecamatan membuang sampah ke Cikolotok. Dari 17 kecamatan yang ada hanya melayani 11 kecamatan. Sisanya terdapat pembuangan sampah sendiri. “Selama pandemi COVID-19 volume sampah tidak terpengaruh. Hanya sampah hotel dan restoran saja yang berkurang,”terangnya.(Baca juga : Dari 3 Warung Jamu di Purwakarta, Petugas Amankan Ratusan Botol Miras)
(nun)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top