Sosok Mpu Kanwa Penggubah Sastra Kakawin Arjunawiwaha yang Deskripsikan Kehidupan Airlangga

Kamis, 12 Oktober 2023 - 08:15 WIB
loading...
A A A
Arjunawiwāha hanya merupakan sebagian dari riwayat Airlangga, yaitu menyangkut hubungan Airlangga dengan anak Dharmawangsa Tguh, Sri Sanggramawijaya Dharmmaprasadottunggadewi, tetapi ada pendapat lain bahwa bagi Arjunawiwaha merupakan seluruh sejarah Airlangga.

Mpu Kanwa konon mencoba untuk mendeskripsikan bagaimana jerih payah Airlangga dalam mendirikan kerajaan dan mengembangkannya. Bagaimana sang penguasa ini pernah menjadi buronan dan berlindung di gunung selama beberapa tahun.

Airlangga digambarkan hidup di pertapaan dan melakukan do'a dan puja sebagai latihan rohani sehingga mencapai kemanunggalan mistik dengan mahadewa dalam kehampaan mutlak. Ia dapat diyakinkan agar dapat kembali ke dunia dan membaktikan diri pada tugas berat.

Airlangga mencoba memulihkan kembali keadaan kerajaannya dan mengusahakan kesejahteraan dunia. Dengan kesaktian karya sastranya, yang menyamakan Arjuna dengan Airlangga, sang penyair mengharap agar memberikan sumbangan bagi tercapainya kemenangan terakhir.

Sebagaimana diketahui, penulisan sejarah dan karya susastera di dalam lingkungan keraton dianggap sebagai pekerjaan sakral. Naskah sejarah atau karya sastra yang meriwayatkan sejarah raja-raja juga mempunyai fungsi magis dan dapat menambah kesaktian raja.
(ams)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4140 seconds (0.1#10.140)