Pelajari Danau Toba, JR Saragih Sambut Tim Lemhanas

Kamis, 20 Juli 2017 - 22:46 WIB
Pelajari Danau Toba, JR Saragih Sambut Tim Lemhanas
Pelajari Danau Toba, JR Saragih Sambut Tim Lemhanas
A A A
PARAPAT - Danau Toba menjadi salah satu destinasi prioritas yang ditetapkan Presiden Jokowi oleh karenanya membuat Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) ingin mempelajari Danau Toba di Parapat, Kabupaten Simalungun. Kehadiran Lemhanas disambut baik oleh Bupati Simalungun JR Saragih.

Menurut Ketua Tim Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Marsekal TNI Baskoro mengatakan bahwa kehadiran pihaknya di Sumatera Utara adalah untuk mendalami Danau Toba yang ada di Sumatera Utara, terlebih Danau Toba dikelilingi oleh tujuh Kabupaten yang salah satunya berada di wilayah Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

"Kami berterima kasih kepada Bupati Simalungun JR Saragih yang menerima kami dengan baik. Kedatangan kami dalam rangka studi strategis, di mana para peserta akan menjalin soal kondisi Danau Toba di Sumatera Utara yang di dalamnya ada Kabupaten Simalungun serta mendalami budaya Batak di Samosir," katanya dalam pernyataan tertulis yang dikirimkan ke SINDOnews, Kamis (20/7/2017).

Kehadirannya di Parapat, Kabupaten Simalungun bersama tiga tenaga ahli, serta peserta sebanyaj 23 orang dan 5 perwira berpangkat kolonel, lalu 2 orang angkatan udara berpangkat kolonel, serta kepolisian 5 Kombes dan satu polwan kemudian kementerian lembaga, parpol ada 5 orang serta bekerjasama dengan negara bersahabat yakni Pakistan, Srilangka, serta tiga personil pendukung.

"Kita juga akan berangkat ke Toba untuk mendalami budaya Batak yang nantinya menjadi bahan laporan untuk seminar yang akan dipaparkan kepada Presiden dengan tema dinamika sosial budaya. Selama kunjungan di Sumatera Utara maka akan melihat potensi Danau Toba di Parapat, Kabupaten Simalungun," tambahnya.

Sementara itu, Bupati Simalungun JR Saragih juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran Lemhanas di Parapat, Kabupaten Simalungun sehingga bisa membawa cerita keindahan Danau Toba yang menjadi salah satu destinasi prioritas utama yang sudah ditetapkan Presiden Jokowi.

"Kami sebagai Pemerintahan Kabupaten Simalungun menyambut baik hal ini, sehingga D Lemhanas maupun siswa Lemhanas tidak pernah melupakan Kabupaten Simalungun dan di mana pun ditempatkan untuk selalu ingat Simalungun dan terima kasih juga kepada Presiden Jokowi yang selalu ingat Danau Toba sehingga bisa memasarkan Danau Toba agar wisatawan terus bertambah untuk melihat keindahan Danau Toba di Parapat, Kabupaten Simalungun," bebernya lagi.

Selain itu melalui Danau Toba di Parapat, Kabupaten Simalungun bukan hanya juga bisa menjadi destinasi berlibur melainkan sebagai tempat merenung maupun menimbulkan spirit dan semangat.

"Melalui pertemuan ini maka bisa mendapatkan berkah dan pendidikan untuk menjadi orang yang sukses dan kita selalu berdoa buat kesuksesan Lemhanas," urainya.

Kemudian, Wakil Bupati Simalungun Amran Sinaga menuturkan Danau Toba yang meliputi tujuh kabupaten salah satunya berada di Simalungun yang mempunyai pinggirannya paling luas 53 kilometer.

"Danau Toba terus ditingkatkan oleh pusat dan selalu koordinasi demi mempercepat Badan Otorita Danau Toba, otomatis dengan kehadiran Lemhanas ini bisa disampaikan kalau Danau Toba ini sangat bagus sehingga memiliki semangat kebersamaan dan melalui semangat baru bisa dikembangkan di tahun ini dan mendatang," tukasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6925 seconds (0.1#10.140)