alexa snippet

Basarnas Siapkan Evakuasi Medis Via Udara di Tol Fungsional

Basarnas Siapkan Evakuasi Medis Via Udara di Tol Fungsional
Pelatihan simulasi evakuasi udara menggunakan helikopter oleh personel Basarnas, Jawa Tengah. Foto/ist
A+ A-
SEMARANG - Badan SAR Nasional (Basarnas) Jawa Tengah siap melakukan evakuasi medis udara jika ada pemudik atau warga yang membutuhkan ketika terjebak kemacetan. Evakuasi udara itu menggunakan helikopter didukung personel yang terlatih.

Untuk memantapkan hal itu, petugas menggelar simulasi di Exit Tol Gringsing Kabupaten Batang, Senin (19/6/2017). Lokasi itu merupakan jalur keluar terakhir tol fungsional dari Kabupaten Brebes, sepanjang sekira 110 kilometer.

Pada kegiatan itu disimulasikan pihak Basarnas memperoleh informasi dari pengelola tol bahwa ada dua pemudik yang mengalami gangguan kesehatan. Kondisinya darurat. Jika tidak segera ditolong bisa menyebabkan kematian.

Namun, posisi korban berada di tengah kemacetan tol fungsional Brebes – Batang. Akhirnya personel Basarnas menggunakan Helikopter Dauphin melakukan evakuasi udara untuk menolong korban.  Saat simulasi dihadiri Kepala Basarnas, Marsekal Muda TNI M Syaugi bersama beberapa perwakilan instansi terkait.

“Kejadian tahun 2016 lalu (mudik 2016) tidak kita harapkan, sehingga agar tidak terulang lagi kami dari Basarnas dengan segala kekuatan dan kemampuan dimiliki berusaha mencegah. Agar itu tidak terjadi lagi,” ungkap Kepala Basarnas Jawa Tengah, Agus Haryono, Senin (19/6/2017). 

Kejadian saat mudik 2016 lalu ketika terjadi kemacetan panjang di Exit Tol Brebes Timur (Brexit). Insiden itu menimbulkan korban jiwa. Rata-rata pemudik mengalami sakit namun tidak bisa keluar dari macet sehingga terjebak di jalan.

“Kami siagakan helikopter untuk melakukan evakuasi medis udara, sehingga apabila terjadi kejadian luar biasa yang mengancam jiwa manusia, dapat segera diatasi,” lanjut Agus Haryono. 

Pihaknya menyebut untuk warga yang meminta pelayanan Operasi SAR dari Basarnas bisa menghubungi nomor 024 – 115 atau 024 – 7629192. Pelayanan Operasi SAR dari Basarnas gratis. 

Sebelumnya, Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono, menyebut ada lima helikopter yang disiapkan khusus di Jawa Tengah untuk arus mudik dan balik Lebaran 2017 ini. “Satu dari Basarnas, dari Mabes TNI on call 2 unit dan dari Mabes Polri 2 unit,” kata Condro.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top