Gunung Sadakeling Garut Terbakar, Api Berkobar di Sejumlah Titik

Minggu, 01 Oktober 2023 - 06:13 WIB
loading...
Gunung Sadakeling Garut Terbakar, Api Berkobar di Sejumlah Titik
Petugas berusaha memadamkan api yang membakar pepohonan bambu di Gunung Sadakeling wilayah Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut, Sabtu (30/9/2023) malam. Foto/Ist
A A A
GARUT - Gunung Sadakeling di Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut, Jawa Barat terbakar Sabtu (30/9/2023) malam. Kebakaran terjadi beberapa titik Blok Pasir Kunci, Desa Sukaluyu, dan Blok Lebakserang, Desa Sukasono.

Kapolsek Sukawening AKP Erwin Hermawan mengatakan, aparat kepolisian dan TNI yang dibantu masyarakat mencoba memadamkan api dengan cara manual. Upaya pemadaman dilakukan agar kobaran api yang membakar lahan tidak merambat ke permukiman warga.



"Pemadaman dilakukan secara manual yang dibantu masyarakat agar tidak merambat ke permukiman warga," kata AKP Erwin Hermawan.

Selain memadamkan, petugas juga melakukan pemantauan karena lokasi kebakaran berbatasan dengan Kecamatan Cibatu.



"Petugas juga melakukan pemantauan karena kebakaran terjadi antara perbatasan Sukawening dan Cibatu," ujarnya.

Di Kecamatan Cibatu, titik kebakaran Gunung Sadakeling berlokasi di Kampung Kancil, Desa Karyamukti. Belum diketahui berapa luas lahan yang terbakar di Gunung Sadakeling.



Kepala Bidang SDM Satpol PP Kabupaten Garut TB Agus Sofyan mengatakan, api dalam kebakaran Gunung Sadakeling di wilayah Cibatu sempat mengecil sebelum pukul 20.00 WIB.

"Namun api kemudian membesar pada malam hari setelahnya dan merambat ke beberapa bagian lahan lainnya," kata TB Agus Sofyan.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1850 seconds (0.1#10.140)