Miliki Banyak Manfaat, TGS Ganjar Ajak Warga Jaga Kesehatan dengan Berwudu

Jum'at, 29 September 2023 - 22:39 WIB
loading...
Miliki Banyak Manfaat, TGS Ganjar Ajak Warga Jaga Kesehatan dengan Berwudu
Relawan TGS Ganjar Sumut menggelar sosialisasi Terapi dan Manfaat Wudhu untuk Kesehatan Jasmani di Majelis Taklim Nurul Yakin, Kabupaten Asahan, Jumat (29/9/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
ASAHAN - Relawan Tuan Guru Sahabat (TGS) Ganjar Sumut mengajak warga senantiasa menjaga kesehatannya dengan berwudu. Hal itu disampaikan dalam sosialisasi Terapi dan Manfaat Wudhu untuk Kesehatan Jasmani di Majelis Taklim Nurul Yakin, Kabupaten Asahan.

“Selama ini mungkin melaksanakan wudu tapi belum tahu manfaat di baliknya. Dengan adanya pembahasan dan materi yang disampaikan, mudah-mudahan menambah semangat dan motivasi menjaga kesehatan,” kata Korwil TGS Ganjar Sumut Zulfi Andika di Desa Sei Kapayang Tengah, Kecamatan Sei Kapayang, Kabupaten Asahan, Jumat (29/9/2023).

Dalam sosialisasi itu TGS Ganjar Sumut menerangkan dampak positif terhadap kesehatan jasmani akan dirasakan ketika berwudu. Zulfi mengatakan, kontak antara air, proses membasuh, dan permukaan yang dibasuh menjadi sarana terapi kesehatan menggunakan media air atau biasa disebut hidroterapi.

Air wudu yang membasahi kulit wajah, kulit tangan dan kaki, serta kuku tidak hanya membersihkan dari kotoran, tetapi berpotensi untuk hidroterapi dan menjaga kesehatan. Zulfi mengatakan, materi ini memberikan wawasan positif agar warga semakin semangat menjaga kesehatannya melalui cara-cara yang penuh keberkahan.

“Wudu ini ada manfaat hidroterapi yang sangat banyak kalau kita lihat. Yang paling umum kita bisa melancarkan peredaran darah, juga menghindari kerutan-kerutan dan bisa menjaga konsentrasi dan fokus,” lanjutnya.

Ustadz Nazarudin Siahaan selaku pemateri acara menyebut hidroterapi adalah terapi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Apalagi umat Muslim bisa mendapatkannya secara alami lewat berwudu.

“Ini manfaatnya bagi kita sangat baik untuk kesehatan tubuh. Boleh dibilang ini adalah hidroterapi yang sangat baik bagi kita, apalagi bagi kesehatan badan dan tubuh. Sehingga dengan berwudu kita secara tidak langsung juga menjaga kesehatan badan,” tuturnya.

Ustadz Nazarudin berharap kegiatan ini memotivasi masyarakat untuk senantiasa berwudu. “Mudah-mudahan kita semua dan dari pengajian ini bisa memperbanyak dan lebih sering berwudu, baik di rumah maupun luar rumah,” tandasnya.

Selain edukasi tentang manfaat hidroterapi ketika berwudu, relawan juga memberikan bantuan kepada Majelis Taklim Nurul Yakin berupa kipas angin dan tikar.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1325 seconds (0.1#10.140)