Kebakaran TPA Kopi Luhur Cirebon, Petugas Kesulitan Padamkan Titik Api

Selasa, 26 September 2023 - 20:43 WIB
loading...
Kebakaran TPA Kopi Luhur Cirebon, Petugas Kesulitan Padamkan Titik Api
Kobaran api menyala di gunung sampah sebelah timur TPA Kopi Luhur, Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat. Foto/MPI/Abdul Rohman
A A A
CIREBON - Kebakaran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kopi Luhur di Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat kembali terjadi. Petugas kesulitan melakukan pemadaman titik api yang membakar gunung sampah.

Kebakaran yang melanda gunung sampah di TPA Kopiluhur, Kota Cirebon yang terjadi pada pagi hari. Namun, selang beberapa jam, kobaran api kembali menyala pada gunungan sampah di bagian timur TPA Kopi Luhur, yang berdekatan dengan jurang.



Petugas dari pemadam kebakaran Kota Cirebon mengalami kendala. Pasalnya, titik api yang membakar gunungan sampah berada di samping jurang. Sehingga petugas mengalami kesulitan melakukan pemadaman di lokasi tersebut.

"Kami tidak bisa menjangkau titik api itu, karena kondisi berdekatan dengan jurang, sehingga hanya bisa dilakukan pemadaman dengan cara ditimbun dari atas dengan menggunakan alat berat jenis eskavator," kata Rokhim, petugas Damkar Kota Cirebon, Selasa (26/09/2023)



Cuaca yang panas dan kencangnya angin menjadi faktor utama api kembali menyala. Selain itu, sulitnya akses jalan untuk kendaraan pemadam kebakaran, sehingga api cukup sulit dipadamkan.

"Penyebabnya karena cuaca panas, disertai angin cukup kencang. Jadi api dari titik lama kembali menyala," katanya.



Petugas pemadam kebakaran masih berupaya memadamkan api. Pemadaman dilakukan dengan cara menyisir titik api.

"Titik api itu ada di dalam sampah, jadi nanti dikeruk, terus ditimbun sampah lagi, itu yang jadi sulitnya pemadaman," ujarnya.

Selain di sebelah timur, titik api juga muncul kembali di gunungan sampah bagian sebelah selatan.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1357 seconds (0.1#10.140)