Bahaya! Asap Kebakaran TPA Kopi Luhur Cirebon Selimuti Tol Palikanci

Selasa, 26 September 2023 - 12:44 WIB
loading...
Bahaya! Asap Kebakaran TPA Kopi Luhur Cirebon Selimuti Tol Palikanci
Imbas kebakaran di TPA Kopi Luhur Cirebon menyebabkan kepulan asap ke permukiman warga dan Tol Palikanci. Foto/MPI/Abdul Rohman
A A A
CIREBON - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kopi Luhur, Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon kembali terbakar, kepulan asap tebal dari gunungan sampah mengganggu jarak pandangan mata, dan sempat mengarah ke area jalan Tol Palimanan-Kanci.

Kepulan asap tebal dengan bau menyengat yang membumbung tinggi terbawa angin turun ke bawah di area pemukiman warga dan sempat mengarah ke jalan Tol Palimanan-Kanci. Sehingga mengganggu jarak pandangan mata.

Akibatnya, tidak sedikit pengguna jalan yang melintas di wilayah tersebut mengeluh. Dislokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) gunungan sampah yang berada di bagian atas, masih terdapat bara api yang sudah terbakar.



Sehingga mengeluarkan kepulan asap tebal yang mengarah ke permukiman warga.

Untuk mengantisipasi kobaran api yang merambat ke titik gunungan sampah lain, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Cirebon menyiagakan petugas gabungan dan mengerahkan kendaraan pemadam kebakaran untuk melakukan pendinginan terhadap bara yang masih menyala.

Kepala Bidang Pengendalian, Pemadam dan Penyelamatan Kebakaran DPKP Kota Cirebon Muhammad Luthfi Iqbal mengatakan. Insiden kebakaran yang melanda Tempat Pembuangan Akhir (TPA) ini terjadi sekitar pukul 02.30 WIB dini hari.



”Petugas terima laporan sekitar pukul 02.30, langsung kita kerahkan petugas untuk pemadaman. Hingga pukul 07.00 pagi api sudah dipadamkan, dan hingga pukul 10.30 petugas masih melakukan pendinginan,” kata Lutfhi, Selasa (26/09/2023).


Hingga siang ini, kepulan asap tebal masih menyelimuti area Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Hingga mengarah pemukiman warga, serta sempat mengarah ke Jalan Tol Palimanan-kanci. Petugas gabungan masih bersiaga di lokasi.

”Asap tebal yang terbawa angin mengarah ke area permukiman warga, hingga sempat ke jalan tol. Namun, saat ini sudah aman, kami saat ini masih terus melakukan pendinginan di lokasi sekitar, ”katanya.

Saat ditanya penyebab dari kebakaran tersebut, pihaknya masih melakukan pengkajian, akan tetapi dari faktor cuaca dimungkinkan memicu kebakaran kembali terjadi. “Karena faktor cuaca yang memicu kebakaran kembali terjadi di TPA Kopi Luhur,” tandasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2158 seconds (0.1#10.140)