Atasi Kekeringan di Bojonegoro, Kiai Muda Jatim Bangun Sumur Bor

Selasa, 26 September 2023 - 12:36 WIB
loading...
Atasi Kekeringan di Bojonegoro, Kiai Muda Jatim Bangun Sumur Bor
Relawan Kiai Muda Jatim menyalurkan bantuan ribuan liter air bersih gratis bagi warga Desa Butoh, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Senin (25/9/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BOJONEGORO - Relawan Kiai Muda Jatim menghadirkan solusi terkait krisis air yang dihadapi warga Desa Butoh, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro. Loyalis Ganjar Pranowo ini membangun sumur bor sekaligus memberikan ribuan liter air bersih gratis.

”Bantuan ini merupakan wujud kepedulian relawan terhadap permasalahan yang dialami warga,” kata Korwil Kiai Muda Jatim Ali Baidlowi, Senin (25/9/2023).

Bantuan ini diberikan untuk membantu warga desa yang tengah menghadapi krisis air imbas kemarau berkepanjangan. "Hari ini kami melakukan pengeboran sumur untuk warga, yang saat ini sedang kekeringan. Sudah bertahun-tahun mereka mengalami ini. Jadi, kami inisiatif buatkan sumur bor, sehingga nanti kalau mereka ambil air tidak jauh dari (rumah) mereka," ujarnya.

Ali menjelaskan, krisis air menjadi masalah menahun bagi warga desa. Tahun ini, kekeringan telah berlangsung selama enam bulan terakhir

Akibat kesulitan air ini, warga desa harus pergi cukup jauh untuk mengambil air dari wilayah lain. Sementara sebagian lainnya terpaksa harus mengeluarkan uang lebih untuk sekadar membeli air bersih.

"Dua hari sekali pasti mereka membeli air. Waktu mereka terbuang untuk cari air. Setiap tahun, sekitar 4 hingga 5 bulan itu waktu mereka tidak bisa dipakai bekerja. Beternak hanya sampingan, pekerjaan mereka hanya cari air," jelasnya.

Dengan bantuan ini, nantinya warga dapat memenuhi kebutuhan air secara gratis untuk keperluan mandi, cuci, dan memasak, hingga untuk minum ternak mereka. Uang yang biasanya dipergunakan untuk membeli air dapat dimanfaatkan guna memenuhi kebutuhan pokok lainnya.

"Kalau sumurnya sudah jadi Insyaallah bisa digunakan bertahun-tahun. Sekitar 400 KK di Desa Butoh ini Insyaallah akan menerima manfaat dari sumber air dan bantuan air yang kami berikan," sebutnya.

Relawan ini pun akan terus memantau proses pembangun sumur hingga bisa digunakan sepenuhnya oleh warga desa. Dalam proses pembangunannya, Kiai Muda Jatim juga mengajak warga desa untuk melakukan doa bersama untuk kelancaran dan kebermanfaatan sumur tersebut.

"Kami lihat dari Pak Ganjar sendiri, sangat supel, perhatian pada rakyat. Kebutuhan dari rakyat apa, Pak Ganjar bisa memberikan solusi yang terbaik. Kami terinspirasi dari itu. Kita coba berikan manfaat kepada rakyat, kita berikan bantuan air," tandasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1106 seconds (0.1#10.140)