Perlu Adanya Peremajaan Kapal Lintas Pelabuhan Merak-Bakauheni

Sabtu, 27 Mei 2017 - 13:39 WIB
Perlu Adanya Peremajaan Kapal Lintas Pelabuhan Merak-Bakauheni
Perlu Adanya Peremajaan Kapal Lintas Pelabuhan Merak-Bakauheni
A A A
CULEGON - Sekarang 66 persen kapal yang beroprasi sudah harus diperbaharui. Maka itu perlu adanya peremajaan kapal lintas Pelabuhan Merak-Bakauheni.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta PT ASDP dan pengusaha kapal agar secepatnya memperbarui, memperbesar dan memperbaiki dari segi kualitas dan kuantitasnya. Dia menyebutkan perbaikan tersebut menyangkut pembangunan dermaga eksekutif.

"Dengan dibangunnya fasilitas ini (dermaga eksekutif) pasti daya tarik penyebrangan Merak Bakahuni akan naik secara drastis," ujar Budi dalam sambutan di acara groundbreaking dermaga eksekutif di Pelabuhan Merak, Banten. Sabtu (27/5/2017).

Dia menuturkan, nantinya kapal-kapal yang saat ini beroprasi lintas Merak-Bakauheni akan dipindah ke penyeberangan. Misalnya, kata dia Pelabuhan Banyuwangi dan pelabuhan lainnya.

Pada kesempatan itu dia juga menyinggung Peraturan Menteri tahun 2014 tentang pengaturan ukuran kapal, angkutan penyebarangan lintas merak-bakauheni yang membatasi ukuran kapal minimal 5.000 GT. (Baca: Pelabuhan Merak Seberangkan 392.729 Pemudik ke Bakauheni)

"Peraturan itu Berlaku pada tanggal 23 Desember 2018. Ini juga akan ditingkatkan penerapan alur, kolam secara bertahap juga akan dibuat untuk kapasitas 5000 GT," ucapnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6340 seconds (0.1#10.140)