Memilukan! Siswi Kelas 6 SD di Sukabumi Alami Gizi Buruk, Terkulai Lemas Tak Bisa Sekolah

Jum'at, 15 September 2023 - 08:01 WIB
loading...
Memilukan! Siswi Kelas 6 SD di Sukabumi Alami Gizi Buruk, Terkulai Lemas Tak Bisa Sekolah
Dewi Susilawati (12) pelajar perempuan kelas 6 SD yang alami gizi buruk (baju coklat muda) di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Foto/MPI/Dharmawan Hadi
A A A
SUKABUMI - Seorang pelajar perempuan kelas 6 SD mengalami kondisi gizi buruk yang mengakibatkan tidak dapat mengikuti kegiatan belajar dan mengajar di sekolah. Kondisi berat badan menurun dan terkulai lemas, membuat dirinya hanya terbaring di tempat tidur.

Nasib memilukan tersebut dialami Dewi Susilawati (12) warga Kampung Manglid RT 03/03, Desa Cimangkok, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi. Setelah ibunya meninggal dunia, ia tinggal bersama dalam satu rumah bersama neneknya.



Bapaknya yang berprofesi sebagai pengemudi truk pasir, telah menikah lagi dengan wanita lain dan tidak hidup satu atap dengan dirinya lagi dan tak membiayai Dewi.

Dalam kesehariannya, Dewi hanya mengandalkan neneknya yang berprofesi sebagai buruh tani untuk merawat dan membiayai kebutuhannya.

Camat Sukalarang Yanyan Mulya Suryana mengatakan, berdasarkan informasi yang diperolehnya, kesehatan Dewi saat lahir normal dan pertumbuhan serta perkembangannya sesuai dengan anak seusianya. Namun, saat ini kondisi kesehatannya kian memburuk.

”30 Agustus, Dewi jatuh sakit dirawat di RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi selama 6 hari dengan diagnosis gizi buruk dan tifoid. Selama perawatan, berat badan Dewi dari 22 kilogram mengalami penurunan menjadi 18.5 kilogram,” kata Yanyan, Jumat (15/9/2023).



Namun menurut pengakuan dari neneknya, pola makan Dewi sejauh ini sudah mengikuti anjuran dengan makan 3 kali sehari dan mengonsumsi protein hewani, seperti telur dan ayam.

”Meskipun begitu, indeks massa tubuh Dewi hanya 12.82 dan kata dokter dari rumah sakit Bunut (RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi) angka itu yang menunjukkan status gizi buruk,” ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1168 seconds (0.1#10.140)