Inovasi Bupati Kudus Lahirkan Prestasi Tingkat Nasional

Selasa, 25 April 2017 - 16:24 WIB
Inovasi Bupati Kudus Lahirkan Prestasi Tingkat Nasional
Inovasi Bupati Kudus Lahirkan Prestasi Tingkat Nasional
A A A
SIDOARJO - Prestasi tingkat nasional kembali diraih Pemkab Kudus. Kudus mendapat penghargaan terbaik ketiga tingkat nasional Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2015.

Bupati Kudus Musthofa menerima penghargaan dari Menteri Dalam Negeri atas prestasi kinerja tertinggi. Penghargaan ini diserahkan Menkopolhukam Wiranto didamping Mendagri Tjahjo Kumolo di Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (25/4/2017).
Penganugerahan ini bersamaan dengan peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXI Tahun 2017. Hadir Ketua Komisi II DPR RI, Wakil Ketua DPD RI, Gubernur, Wali Kota, dan Bupati yang menerima penghargaan.

Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Sumarsono mengatakan, acara ini sebagai momentum evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah. Setiap tahunnya, Kemendagri bersama kementerian lain yang terkait memberikan penilaian dari seluruh Pemprov, Pemkot, dan Pemkab.

Dia menambahkan, pelayanan publik sesuai kebutuhan masyarakat saat ini lebih pada penerapan IT agar masyarakat mendapatkan pelayanan yang mudah, cepat, dan tepat. Selanjutnya, penggunaan IT butuh integritas dan kapabilitas kualitas SDM aparatur. "Serta tentunya untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih," imbuhnya.

Seusai penyerahan, Menkopolhukkam Wiranto menyambut baik desentralisasi ini. Sebab, Pemda memiliki peran strategis peningkatan kesejahteraan. Yaitu peningkatan pertumbuhan ekonomi yang strategis dengan menggerakkan sektor-sektor yang potensial. "Saya sampaikan selamat pada kepala daerah yang menerima, semoga semakin meningkatkan kinerja untuk masyarakat," kata Wiranto.

Bupati Kudus Mushtofa mengatakan, apa yang disampaikan Dirjen Otda dan Menkopolhukkam ini sudah terimplementasi dengan baik di Kabupaten Kudus. Ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan UMKM dan inovasi yang terus dilakukan. Kudus terus berinovasi melalui e-government dengan aplikasi Menara, K-119, dan Sipintar.

"Penghargaan ini patut disyukuri, meski bukan semata-mata tujuan kami. Kerja keras yang kami lakukan adalah upaya dan ihktiar untuk memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat," kata Mushtofa.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.5141 seconds (0.1#10.140)