Ledakan COVID-19 di Kudus, Tim Riset Selidiki Potensi Varian Baru

Sabtu, 05 Juni 2021 - 08:31 WIB
loading...
Ledakan COVID-19 di Kudus, Tim Riset Selidiki Potensi Varian Baru
Ledakan kasus COVID-19 di Kudus Jawa Tengah belum sepenuhnya terkendali. Ilustrasi/SINDOnews
A A A
SEMARANG - Ledakan kasus COVID-19 di Kudus Jawa Tengah belum sepenuhnya terkendali. Untuk mencegah munculnya varian baru, kini telah diterjunkan tim riset untuk melalukan penelitian.

"Kita turunkan tim untuk melakukan riset itu tadi, apakah ada varian baru (COVID-19 di Kudus)," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada awak media, Jumat (4/6/2021) malam.

Berdasarkan website corona.jatengprov.go.id, kasus aktif COVID-19 di Kudus masih menempati urutan pertama. Tercatat pada Jumat 4 Juni 2021 pukul 12.00 WIB, terdapat 8.165 kasus terkonfirmasi positif. Sementara kasus aktif sebanyak 1.457 orang yang kini dirawat, dirujuk, dan isolasi mandiri.

"Saya minta untuk dilakukan testing dan tracing lebih banyak. Dan ini tidak hanya untuk Kudus, tapi berlaku untuk seluruh Jawa Tengah. Agar kita tingkatkan di Jawa Tengah," tandasnya.

"Kalau testingnya bisa meningkat, tracingnya bisa meningkat kita akan tahu dari mana (penyebaran COVID-19) ini berasal," lugas dia.

Dia pun meminta pemerintah daerah tak perlu khawatir jika ditemukan kasus positif COVID-19 semakin besar. Sebab, seiring dengan pelaksanaan testing dan tracing akan terlacak jumlah kasus penyebaran virus corona yang berada di tengah masyarakat. Baca: Asyik Pesta Sabu, 10 Warga Merangin Jambi Dibekuk Polisi.

"Kalau itu (kasus COVID-19) kita tahu enggak usah takut. Kalau kemudian nanti hasilnya. Lho kok kami di kabupaten/kota kami tinggi. Enggak usah takut, karena dengan makin banyak testing, makin banyak tracing harapan kita, kita persis kondisi daerah kita," beber dia.

"Kita masih berharap dan meminta, memohon kepada masyarakat agar memberikan dukungan, tidak berkerumun, pakai masker, maskerlah yang paling utama. Kemudian aware peduli, jaga jarak, dan sebagainya," pungkas Ganjar. Baca Juga: Sabtu Pagi, Pabrik Cat dan Tiner di Kabupaten Sidoarjo Ludes Dilalap Si Jago Merah
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4263 seconds (0.1#10.140)