Gunung Bromo Terbakar, BB-TNTBS: Pemulihan Ekosistem Perlu Waktu Lama

Rabu, 13 September 2023 - 10:03 WIB
loading...
Gunung Bromo Terbakar, BB-TNTBS: Pemulihan Ekosistem Perlu Waktu Lama
Savana Gunung Bromo ludes terbakar. BB-TNTBS menyatakan pemulihan ekosistem yang terbakar ini memerlukan waktu cukup lama. Foto/iNews TV/Hana Purwadi
A A A
MALANG - Pemulihan ekosistem Gunung Bromo yang mengalami kebakaran dan belum bisa dipadamkan hingga saat ini memerlukan waktu cukup lama. Hal yang terpenting dari kerusakan ekosistem yang ada, terutama flora atau tanaman bisa secepatnya terkena hujan.

"Kalau untuk pemulihan ekosistem pakai beberapa mekanisme, mungkin kalau rumput alang-alang secara alami, sebulan seteleh hujan kembali," ungkap Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNTBS) Hendro Widjanarko saat ditemui di Pos Jemplang, Rabu pagi (13/9/2023).



Sementara untuk mengembalikan ekosistem lain yang rusak pasca kebakaran pihaknya bakal kembali menanam beberapa tanaman pohon endemik atau yang tidak dijumpai di daerah lain.

Beberapa tanaman seperti pohon cemara gunung, kesek, tutuk, hingga tanaman mentigi yang biasanya hidup di antara ketinggian 1.500 - 2.400 meter di atas permukaan laut (Mdpl).



"Kita akan kembalikan ekosistem Bromo ini, kalau ini kita lihat cemara gunung bertahan dari kebakaran. Kemudian beberapa jenis yang asli sini mentigi juga bisa bertahan, bisa di lihat di sana, masih hijau," ujarnya.

Menurut Hendro, pemulihan ekosistem lingkungan di kawasan Gunung Bromo tak bisa langsung kembali seperti semula. Apalagi beberapa kebakaran juga membuat tanaman itu gersang dan ada yang mati.



"Pemulihan ekosistem itu ya kita akan kita tanami jenis-jenis asli, memang membutuhkan upaya untuk pemulihan ekosistem," pungkasnya.

BB-TNTBS merupakan pengelola di kawasan Gunung Bromo Tengger Semeru di bawah naungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Instansi ini memiliki wewenang dalam melakukan perawatan dan pengelolaan wisata taman nasional untuk menambah kas negara.

Saat ini imbas kebakaran, empat pintu masuk kawasan Gunung Bromo mulai dari Wonokitri, Kabupaten Pasuruan, Coban Trisula, Desa Ngadas, Kabupaten Malang, Sukapura, Kabupaten Probolinggo, dan Senduro di Kabupaten Lumajang ditutup total.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2193 seconds (0.1#10.140)