Viral Penampakan Kepulan Asap Kebakaran Gunung Bromo Membumbung Tinggi

Senin, 11 September 2023 - 16:57 WIB
loading...
Viral Penampakan Kepulan Asap Kebakaran Gunung Bromo Membumbung Tinggi
Kebakaran kawasan Gunung Bromo kian meluas. Kebakaran bahkan meluas hingga mendekati akses jalan wilayah di Jemplang, Poncokusumo, Malang, Jawa Timur. Foto/Ist
A A A
MALANG - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di kawasan Gunung Bromo kian meluas. Kebakaran bahkan meluas hingga mendekati akses jalan wilayah di Jemplang, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Bahkan terlihat ada video bagaimana kepulan asap putih membumbung tinggi di udara imbas kebakaran. Video itu diambil dari kawasan Jemplang, tepatnya berada di sisi utara akses jalan dari Jemplang menuju kaldera Gunung Bromo.



Informasi yang dihimpun video itu terjadi pada Senin (11/9/2023) sekitar pukul 11.05 WIB. Terlihat pula di video yang diterima sejumlah masyarakat yang berada di jalan berhamburan menjauhi kepulan asap. BPBD Kabupaten Malang menyebut, dahsyatnya kepulan asap itu terjadi di wilayah Jemplang.



"Kondisi Jemplang terkini, ada kepulan asap akibat kebakaran," ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan, dikonfirmasi pada Senin siang.

Dirinya menyebut, bahwa lokasi kebakaran mengakibatkan asap tebal berada di dekat akses jalan dari Jemplang menuju kaldera Gunung Bromo.

"Selama pantauan visual lebih dari 10 titik kepulan asap. Upaya pemadaman melalui water bombing masih berjalan," tuturnya.



Hingga saat ini dikatakan Sadono ada setidaknya dua kali proses pemadaman api melalui jalur udara dengan masing-masing helikopter jenis Super Puma mampu mengangkut 34 rit air dalam dua kali angkut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1849 seconds (0.1#10.140)