Penjabat Gubernur Sultra Paparkan 8 Program Prioritas dan PSN

Jum'at, 08 September 2023 - 23:35 WIB
loading...
Penjabat Gubernur Sultra Paparkan 8 Program Prioritas dan PSN
Sertijab Gubernur Sultra, Ali Mazi kepada penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Konjen Pol (Purn) Andap Budhi Reviant berlangsung di Kantor Gubernur Sultra, Kendari. Foto/Ist
A A A
KENDARI - Serah terima jabatan (Sertijab) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi kepada penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Komjen Pol (Purn) Andap Budhi Reviant berlangsung di Kantor Gubernur Sultra, Kendari. Andap diketahui pernah menjabat sebagai Kapolda Sultra pada tahun 2016-2028.

Andap saat Sertijab mengingatkan kembali kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) terkait beberapa tugas-tugas yang diamanatkan diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) kepala daerah dan Forkopimda se-Indonesia pada Januari tahun 2023 lalu.


Pj Gubernur Sultra memaparkan ada 8 hal program prioritas arahan Presiden Jokowi. Pertama, mengendalikan inflasi, pemantauan langsung harga di lapangan, berhati-hati mengatur tarif PDAM, angkutan umum, dan lain-lain. Kedua, turunkan kemiskinan ekstrem sampai target 0 persen pada tahun 2024.

Ketiga fokus turunkan stunting dan selanjutnya memperhatikan investasi agar jangan ada izin yang berbulan-bulan.

"Kelima, memastikan APBD dibelanjakan untuk produk-produk buatan dalam negeri, dilanjutkan dengan kabupaten/kota harus mulai mendesain wilayahnya dengan baik sehingga memiliki diferensiasi dan memaksimalkan potensi daerah," katanya, Jumat (8/9/2023).

Ketujuh jaga stabilitas politik dan keamanan menuju pada pemilu 2024.



"Dan kedelapan, jamin kebebasan beragama. jangan sampai konstitusi kalah oleh kesepakatan," tandasnya.

Pada kesempatan tersebut PJ Gubernur menyampaikan pula kebijakan khusus dari pemerintah pusat, berupa sejumlah Proyek Strategis Nasional (PSN) di Sultra yang hendaknya diperjuangkan oleh seluruh elemen pemerintah.

Diharapkan bisa terselesaikan dengan maksimal. Di antaranya PSN pembangunan Bendungan Ladongi dan Ameroro, serta hilirisasi sumber daya mineral berupa penambangan nikel.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2981 seconds (0.1#10.140)