Kebakaran TPA Tondong, Warga Sinjai Panik Bau Sampah Menyengat

Jum'at, 08 September 2023 - 06:30 WIB
loading...
Kebakaran TPA Tondong, Warga Sinjai Panik Bau Sampah Menyengat
TPA Tandong di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan terbakar. Foto/MPI/Abdoellah Nicolha
A A A
SINJAI - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan terbakar, Kamis (7/9/2023) malam. Peristiwa itu membuat warga panik karena terganggu dengan bau yang semakin menyengat.

Kebakaran tersebut diketahui terjadi sejak Rabu (23/8/2023) diduga adanya pemanasan dari dalam tumpukan sampah hingga menyebabkan adanya bahan gas yang memicu asap tebal.Ditambah kondisi kemarau hingga memicu api dengan cepat membesar.

Tiga unit Pemadam Kebakarandikerahkan terus berupaya memadamkan api yang membakar tumpukan sampah di TPA Tondong, Desa Kampala, Kabupaten Sinjai. Petugas damkar berupaya memadamkan api agar tidak meluas ke tumpukan sampah lainnya.



Satu unit ekskavator diterjunkan untuk mengurai tempat sampah tersebut dan mencari titik api. Kepulan asap tebal di area TPA Tondong itu hingga mengganggu warga yang bermukim di sekitar lokasi, bau menyengat dirasakan warga dampak dari sampah yang terbakar.

Kasi Operasional Damkar Sinjai, Muhammad Yamin menyebutkan, kebakaran itu terjadi sejak Rabu (23/8/2023) dan berhasil dipadamkan. “Namun pada Kamis (7/9/2023), api kembali membakar tumpukan sampah,” katanya.



Menurutnya, kebakaran itu diduga terjadi karena adanya pemanasan dari dalam tumpukan sampah hingga menyebabkan adanya bahan gas yang memicu asap tebal, ditambah dengan kondisi cuaca yang memasuki kemarau hingga memicu api dengan cepat membesar.

Hingga kini, proses pemadaman masih dilakukan. Diketahui kebakaran di TPA Tondong kerap kali terjadi saat memasuki musim kemarau, pada tahun 2019 tercatat ada dua kali peristiwa kebakaran di TPA sampah itu.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0952 seconds (0.1#10.140)