Di Hadapan Belasan Ribu Pengunjung West Java Festival 2023, Ridwan Kamil Pamit sebagai Gubernur Jabar

Minggu, 03 September 2023 - 21:23 WIB
loading...
Di Hadapan Belasan Ribu Pengunjung West Java Festival 2023, Ridwan Kamil Pamit sebagai Gubernur Jabar
Ridwan Kamil berpamitan sebagai Gubernur Jawa Barat di hadapan belasan ribu pengunjung West Java Festival 2023 di Stadion Siliwangi, Kota Bandung. Foto/Omar Azwar
A A A
BANDUNG - Di hadapan belasan ribu pengunjung West Java Festival 2023 di Stadion Siliwangi, Kota Bandung, Ridwan Kamil mengucapkan pamit sebagai Gubernur Jawa Barat. Dia pun mencurahkan pahit maupun manis yang dialaminya selama menjadi orang nomor satu di Jawa Barat.

Sebelum berpamitan, pria yang akrab disapa Kang Emil itu memaparkan sejumlah keberhasilan yang berhasil diraih oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Selama 5 tahun kepemimpinannya, ratusan penghargaan atas program-program perubahan telah berhasil didapat.

"Selama 5 tahun sudah berkerja keras siang dan malam, 60 purnama menyusuri jalan-jalan di Jabar dari kota sampai desa mencari cara agar warga Jabar hidup lebih bahagia. 1.800 jam saya hadirkan mengambil keputusan-keputusan terbaik untuk semua rakyat warga Jabar, dengan semangat Jabar Juara Lahir Batin," ucap Kang Emil, Minggu (3/9/2023).

Meskipun telah banyak meraih penghargaan, kata Kang Emil, ujian serta cobaan yang dihadapi pun tak mudah. Salah satunya adalah terjadinya pandemi Covid-19 yang berlangsung selama dua tahun, namun berhasil dilalui.



"Saya juga mencari kekuatan karena ditinggalkan oleh anak lelaki saya, itu adalah ujian terbesar yang pernah saya lalui. Tapi berkat doa-doa warga Jabar, 5 tahun saya lalui. Dengan tekad kuat, walaupun Eril sudah tidak ada provinsi ini, tapi provinsi ini menjadi yang terbaik di Indonesia," kata Kang Emil sambil meneteskan air mata.

Kang Emil berpesan kepada anak muda, agar mampu menjadi generasi yang mau berubah dan turun tangan menyelesaikan masalah. Hal itu demi bangsa Indonesia yang lebih maju serta kuat menghadapi berbagai cobaan.

"Kalau kamu benci kepada kebodohan, korupsi, ketidakadilan, maka jadilah generasi yang turun tangan. Jangan menjadi generasi yang hanya bisa tunjuk-tunjuk. Lebih baik menyalakan lilin daripada selalu mengutuk kegelapan," ucap Kang Emil.

Kang Emil pun kembali memohon maaf kepada warga Jawa Barat atas segala kekurangan dan kesalahan selama menjabat sebagai gubernur. Dia pun mengatakan, akan kembali menjadi warga biasa yang mengurus rumah tangganya.

"Hatur nuhun warga Jabar, terima kasih warga Jabar, dan mohon maaf. Setelah ini saya belum tahu takdirnya bagaimana, yang penting kita sailing mendoakan. Saya tidak akan berubah tetap menjadi manusia yang paling baik. Karena manusia yang baik adalah manusia yang paling bermanfaat untuk masyarakat," pungkasnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1173 seconds (0.1#10.140)