Crivisaya Ganjar Beri Hukum Gratis bagi Warga Lampung Tengah

Minggu, 03 September 2023 - 10:17 WIB
loading...
Crivisaya Ganjar Beri Hukum Gratis bagi Warga Lampung Tengah
Relawan Crivisaya Ganjar membuka layanan konsultasi bantuan hukum gratis di Kecamatan Seputih Agung, Kabupaten Lampung Tengah, Sabtu (2/9/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
LAMPUNG TENGAH - Relawan Crivisaya Ganjar membuka layanan konsultasi bantuan hukum gratis di Kabupaten Lampung Tengah. Crivisaya Ganjar beranggotakan alumni Muda Universitas Sriwijaya (Unsri) dan Universitas Lampung (Unila).

"Kegiatan hari ini yaitu konsultasi bantuan hukum serta peresmian Pos Bantuan Hukum (PBH) gratis di Kabupaten Lampung Tengah," kata Korwil Crivisaya Ganjar Lampung Harsya Billy di Kecamatan Seputih Agung, Kabupaten Lampung Tengah, Sabtu (2/9/2023).

Melalui kegiatan dan PBH ini, Billy berharap dapat membantu masyarakat untuk memahami aturan hukum yang berlaku di Indonesia. Pada kegiatan itu, relawan menerima berbagai keluhan dan pertanyaan dari mulai permasalahan hukum di bidang pertanahan hingga perceraian suami-istri.

"Tujuannya, yang pertama kami memberikan materi atau pemahaman kepada masyarakat bahwa hukum ini kita harus melek terhadap hukum. Karena, banyak sekali masyarakat yang belum tahu penyelesaian masalah lewat jalur hukum. Jadi, kami memberikan suatu pembekalan kepada masyarakat awam," tuturnya.

Billy memastikan Crivisaya Ganjar akan terus membuka layanan konsultasi hukum yang sama di berbagai wilayah Lampung. Setelah membentuk PBH di Lampung Tengah, Crivisaya Ganjar akan membuka lagi di daerah lain yang dianggap banyak memerlukan bantuan hukum.

"Kami kemarin sama tim (memutuskan) akan membuka Pos Bantuan Hukum ini di tiga kabupaten besar. Salah satunya, Lampung Tengah, Lampung Timur, dan Lampung Selatan," ujarnya.

Kegiatan ini mendapatkan banyak apresiasi dari berbagai kalangan. Tak hanya itu, masyarakat pun menjadi lebih mengenal bacapres Ganjar Pranowo dari kegiatan sosialisasi yang dilakukan para relawan dari satu daerah ke daerah lainnya.

Setelah mengenal lebih dekat sosok Ganjar, Billy pun memastikan masyarakat, khususnya di Kabupaten Lampung Tengah akan mendukungnya dalam Pilpres 2024. "Masyarakat di sini senang kalau calon presiden yang sangat dekat dengan masyarakat, terjun langsung ke masyarakat. Sosok Bapak Ganjar ya seperti itu lah di masyarakat sini," katanya.

Andi Sofian, seorang warga Kecamatan Seputih Agung menilai kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat. "Kegiatan ini sangat membantu bagi masyarakat kecil khususnya yang tidak taat (memahami) hukum, yang tidak mengerti hukum. Kegiatan ini sangat membantu karena di sini juga banyak persoalan. Contohnya di bagian pertanahan itu banyak yang belum tahu hukumnya," tuturnya.

Dia menjelaskan masyarakat di daerahnya kebanyakan berprofesi sebagai petani dengan pendidikan rendah. Mereka banyak yang tidak mengerti hukum.

Andi berharap Ganjar Pranowo bisa menjadi Presiden 2024 selanjutnya dan lebih memperhatikan rakyat kecil di wilayah Lampung dan Indonesia secara luas. "Harapannya untuk Pak Ganjar, mudah-mudahan menjadi pemimpin Indonesia yang baik dan amanah untuk rakyat, khususnya di Lampung," katanya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1023 seconds (0.1#10.140)