Pemprov Jabar Hibahkan Rp100 Miliar untuk Pembangunan Gedung Polda Jabar

Kamis, 31 Agustus 2023 - 18:50 WIB
loading...
Pemprov Jabar Hibahkan Rp100 Miliar untuk Pembangunan Gedung Polda Jabar
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menghadiri acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Polda Jabar. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menghadiri acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Polda Jabar yang bertempat di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta No.748, Kota Bandung, Kamis (31/8/2023).

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus, Wakapolda Jabar Brigjen Pol Bariza Sulfi, Bupati Bandung Dadang Supriatna, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, dan Wakil Ketua DPRD Jabar Oleh Soleh.

Ridwan Kamil mengatakan, Pemprov Jabar memberikan hibah sebesar Rp100 miliar untuk pembangunan gedung utama di Polda Jabar.

”Nilai hibahnya luar biasa kurang lebih Rp100 miliar. Membangunan gedung utama kenapa saya bilang harus maksimal, karena provinsi terbaik di Indonesia, maka gedung Poldanya pun harus terbaik yang keren,” ucap Kang Emil, sapaan akrabnya.



Meski memiliki nilai pembangunan yang fantastis, Kang Emil berpesan, agar anggota kepolisian jangan terlena hal tersebut. Ia meminta, pelayanan kepada masyarakat harus tetap menjadi prioritas utama dalam pelayanan.

”Tapi jangan terlena oleh kekerenan, kecanggihan, kemewahan tetap polisi yang presisi yang melayani itu harus menjadi yang utama. Semua yang datang ke sana adalah rakyat, yang minta keadilan, minta pelayanan, tentu kita layani,” katanya.

Selama 5 tahun memimpin Jabar, kata Kang Emil, dirinya sudah menghibahkan Rp269 miliar untuk pembangunan 5 gedung di instansi kepolisian. Menurutnya, hal ini sebagai bukti kepedulian Pemprov Jabar terhadap pelayanan masyarakat.

”Selama 5 tahun saya gubernur kurang lebih 5 gedung di sini. Ada gedung direktorat dan Rumah Sakit Sartika Asih. Total dari kami tercatat hibah yang diberikan kurang lebih Rp269 miliar. Sebagai tanda cinta kami kepada kelancaran pelayanan,” tuturnya.

Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah memberikan perhatian terhadap instansi kepolisian, khususnya Polda Jabar.



”Hari ini kita groundbreaking selain bangunan utama juga ada bangunan tempat parkir, ini hibah dari Bupati Karawang. Kalau gedung utama rajanya dari Gubernur tadi yang menghibahkan, terima kasih Pak Gubernur,” ucapnya.

”Kemudian juga ada tempat parkir dari Bupati Karawang kemudian Pak Bupati (Bandung) kita bekerja kalau tidak ada makanan kita gak bisa bekerja. Jadi Pak Bupati sangat cerdas dalam menghibahkan bangunan, jadi yang dihibahkan adalah bangunan kantin,” paparnya.

Kapolda Jabar mengatakan, dengan adanya hibah pembangunan dari pemerintah daerah ini tentunya tugas pokok Polri harus semakin ditingkatkan kualitasnya.

”Karena dana yang dihibahkan adalah dana masyarakat Provinsi Jawa Barat, dana masyarakat Kabupaten Karawang, kemudian dana masyarakat dari Kabupaten Bandung,” imbuhnya.

Di sisi lain, Kapolda Jabar juga berpesan kepada para pemenang tender untuk bisa bekerja secara profesional. Dirinya tidak ingin jika hasil dari pembangunan nanti tidak sesuai dengan yang telah direncanakan.

”Harapan saya selaku Kapolda tentunya kepada para pemenang tender jadi laksanakan pekerjaan sesuai dengan diharapkan, sesuai dengan spek, sesuai dengan gambar. Jangan gambarnya bagus realisasinya tidak bagus,” ungkapnya.

Kapolda Jabar berharap, Gedung Polda Jabar yang baru ini bisa membuat orang yang melihat berdecak kagum.

”Makanya dalam proses pengerjaannya harus sering berkoordinasi dengan pak gubernur karena arsiteknya adalah beliau jadi kalau nanti realisasinya tidak sesuai dengan apa yang digambarkan nanti saya akan setrum setrum dikit lah,” katanya.

Selain itu, dengan hadirnya Gedung Polda Jabar yang baru ini diharapkan pelayanan ke masyarakat akan semakin maksimal dan tentunya membuat masyarakat semakin nyaman.

”Harapan kami tentunya masyarakat yang datang ke Polda Jabar juga tidak susah lagi mencari tempat parkir, karena tempat parkirnya sudah memadai kemudian dari segi kualitas juga tentunya sama bisa memberikan kenyamanan bagi pengguna kendaraan,” tandasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1382 seconds (0.1#10.140)