Raih Rekor MURI dan ADWI 2023, Objek Wisata Hiu Paus Botubarani Siap Mendunia

Selasa, 29 Agustus 2023 - 15:12 WIB
loading...
Raih Rekor MURI dan ADWI 2023, Objek Wisata Hiu Paus Botubarani Siap Mendunia
Sekda Ishak Ntoma didampingi Ketua DWP Mariyani Ntoma Liputo, Kades Botubarani Irwan Lakoro dan Ketua Pokdarwis Hiu Paus Botubarani Abdul Wahab Matoka saat menerima penghargaan dari Kemenparekraf, Minggu (27/8/2023). (F.dok.)
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango berhasil meraih dua penghargaan pada malam puncak Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Minggu (27/8/2023).

Penghargaan diterima langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Bone Bolango Ishak Ntoma didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Mariyani Ntoma Liputo, Kepala Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone Irwan Lakoro, dan Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Hiu Paus Botubarani Abdul Wahab Matoka.

"Alhamdulillah dapat hadir mewakili Bupati Bone Bolango di ADWi 2023 di TMII. Menerima penghargaan Museum Rekor Indonesia untuk Desa Wisata Botubarani atas Desa Wisata yang memiliki habibat hiu paus terbanyak dekat dari daratan, dan juara III kategori Daya Tarik Pengunjung untuk ADWI Desa Botubarani tahun 2023," ucap Sekda Ishak Ntoma.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengapresiasi keberhasilan industri wisata di Bone Bolango. "Desa Wisata Kelas Dunia. Dalam sehari dua penghargaan untuk wisata hiu paus desa Botubarani Kabila Bone, Bonebol: 1. Rekor Muri untuk habitat hiu paus terbanyak dekat daratan, 2. Meraih juara 3 Anugerah Desa Wisata Indonesia dari Kemenpar dan Ekonomi Kreatif Kategori Daya Tarik Pengunjung. Torang gas full pariwisata Bonebol," tulis Bupati Hamim di akun sosial medianya.

Pada penyelenggaraan malam puncak Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, Kemenparekraf memberikan penghargaan kepada 75 desa wisata terbaik ADWI 2023.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam sambutannya mengatakan ADWI 2023 yang diikuti sebanyak 4.573 desa wisata dari berbagai wilayah di Indonesia merupakan bentuk kolaborasi serta konsistensi yang kuat dari seluruh elemen masyarakat bersama pemerintah dan pihak-pihak terkait lainnya dalam membangun desa wisata.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0860 seconds (0.1#10.140)