2 Mobil Mewah Diselundupkan Pakai Truk Karet dari Malaysia

Rabu, 01 Maret 2017 - 16:01 WIB
2 Mobil Mewah Diselundupkan Pakai Truk Karet dari Malaysia
2 Mobil Mewah Diselundupkan Pakai Truk Karet dari Malaysia
A A A
PONTIANAK - Polda Kalbar berhasil menyita dua unit mobil mewah jenis Porsche Carrera, yang diselundupkan dari Malaysia. Dua mobil sport ini dibawa dalam sebuah Truk Fuso BE 9304 GN. Kapolda Kalbar, Irjen Pol Musyafak mengatakan, mobil mewah ini, diduga berasal dari Malaysia masuk ke Kalbar dengan memanfaatkan izin lintas batas yang akan dibawa ke Jakarta melalui Pelabuhan Dwikora Pontianak.
2 Mobil Mewah Diselundupkan Pakai Truk Karet dari Malaysia

Pihak kepolisian sendiri saat ini sedang mengembangkan dan mendalami kasus tersebut dan sudah mengantongi nama pengorder yang berada di Jakarta.

Kapolda Kalbar juga mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada Kasat Brimob Polda Kalbar, Kombes (Pol) Agus Tri Heriyanto, atas prestasi anggota Intelnya yang berhasil mengungkap kasus ini.

Terhadap pelaku dapat diancam Pasal 111 juncto Pasal 47 UU Nomor 7/2014 tentang Perdagangan dengan ancaman penjara maksimal lima tahun dan denda Rp. 5 miliar. Serta Pasal 102 UU No17/2006 tentang Perubahan atas UU No10/1995 tentang Kepabeanan dengan ancaman penjara maksimal 10 tahun dan denda Rp50 juta hingga Rp5 miliar," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Kriminal Khusus Polda Kalbar, Kombes (Pol) Masudi menerangkan bahwa, kedua mobil mewah ini dimuat dan dinaikan ke dalam sebuah Truk Fuso dari Batu Layang dan direncanakan truk fuso itu akan diberangkatkan dengan Kapal Llaut Mulya Sentosa. “Rencananya, kapal tersebut akan berangkat pagi hari ini, 1 Maret 2017 pukul 04.00 WIB," timpalnya.

Sopir Truk Fuso bernama YM beralamat di Desa Bulung Cangkring, Kecamatan Jekulo, Kudus, Jateng, mengatakan, hanya diperintah untuk membawa kedua mobil tersebut ke Cirebon.

“Dalam proses pengangkutan, mereka dibayar Rp10.000.000, dan baru terima uangnya Rp6.000.000 untuk pembayaran modal membeli tiket kapal laut dan sisa pembayarannya setelah barang tiba di tempat tujuan,” paparnya.

Penyidik saat ini sedang mengecek Regident asal-usul kendaraan tersebut, untuk mengetahui apakah kendaraan jenis ini terdaftar atau tidak di Indonesia, sehingga nanti akan diketahui pasti daerah asal mobil mewah tersebut.

“Kepastiannya, nanti dari hasil pengecekan Regident di Samsat dengan pencocokan nomor Rangka dan nomor Mesin kendaraan tersebut, apakah mobil ini dari luar negeri atau tidak. Tetapi yang jelas, mobil tersebut diduga masuk dari perbatasan,” ungkapnya.

Dijelaskannya, modus pengiriman melalui Truk Fuso ini untuk mengelabui para petugas di lapangan, sepintas kasat mata kita melihat truk fuso ini hanya bermuatan Karet, namun karena kejelian anggota Intel Brimob, kasus ini bisa terungkap.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Kalbar AKBP Sugeng, ditempat yang sama menambahkan, bahwa mobil Porsche Carrera ini diduga mobil bekas dan di Indonesia itu sendiri memiliki daya tarik bagi pengemar mobil-mobil antik.

Untuk itu, kasus ini akan didalami lebih lanjut oleh penyidik Ditreskrimsus, apakah mobil ilegal atau bukan, termasuk sopir dan kernet truk berikut dua orang pengorder akan di mintai keterangannya.

Jika memang mendapatkan keuntungan dari kegiatan mengangkut, maka mereka ikut serta dalam kejahatan tersebut,” tegasnya.

Anehnya dua mobil mewah ini bisa lolos dari pengawasan perbatasan, sehingga ada dugaan aparat setempat membiarkan sehingga bisa lolos masuk ke Indonesia.SaveSaveSave
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.7936 seconds (0.1#10.140)