Berulah Lagi, KKB Bakar Rumah Warga dan Tower di Distrik Ilaga

Rabu, 16 Agustus 2023 - 14:12 WIB
loading...
Berulah Lagi, KKB Bakar Rumah Warga dan Tower di Distrik Ilaga
Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) berulah lagi dengan melancarkan teror dan serangan gangguan keamanan jelang HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78 di Kabupaten Puncak, Papua Tengah. Foto/Ist
A A A
JAYAPURA - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) berulah lagi dengan melancarkan teror dan serangan gangguan keamanan jelang HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78 di Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

Mereka membakar rumah warga dan tower perusahaan telekomunikasi seluler di Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Selasa (15/8/2023).



Peristiwa pembakaran berawal pada pukul 16.20 WIT, saat tim gabungan Ops Damai Cartenz yang dipimpin Kanit Lidik Iptu Lukman mendapat laporan bahwa ada sejumlah masyarakat yang terpantau di sekitar tower seluler membawa jerigen berisi minyak.



“Pukul 16.35 WIT, tim yang dipimpin Kapolres Puncak, Kompol I Nyoman Punia, S. Sos tiba di lokasi Tugu Pancasila, yang merupakan tempat laporan pertama kali diterima. Tim langsung melakukan tanggapan terhadap situasi yang berkembang,” kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, Rabu (16/8/2023).

Sekitar pukul 16.37 WIT, asap tebal mulai menyelimuti area karena adanya bangunan yang terbakar. Api kemudian merambat dan merusak tower. Tembakan diduga dari Kelompok KKB juga terdengar sehingga menambah situasi mencekam di lokasi kejadian.

Ketegangan semakin meningkat ketika pukul 16.50 WIT, terdengar dua tembakan lagi terdengar dari arah Kelompok KKB yang diduga berasal dari Pos Pantau mereka. Tembakan ini ditujukan ke arah tim gabungan yang sedang berada di sekitar tower.



Namun, upaya penanganan terus berlanjut. Pukul 17.05 WIT, tim gabungan melakukan tembakan balasan sebanyak dua kali untuk membuka jalan menuju Kampung Nipuralome, tempat diduga Kelompok KKB berkumpul.

Situasi semakin menegangkan saat beberapa kali tembakan gangguan terdengar dari pihak Kelompok KKB di sekitar Kampung Eromaga.

“Akibat dari insiden tragis ini, dua unit rumah warga mengalami kerusakan berat. Satu di antaranya diduga menjadi milik Riyanto Fredikso. Sementara itu, tower yang terbakar milik Pemerintah Daerah Puncak juga mengalami kerusakan serius pada kabel dan baterai,” jelas Benny.

Kabid Humas menambahkan, saat ini aparat gabungan terus melakukan langkah-langkah tegas guna meredam situasi dan menjaga stabilitas di daerah tersebut.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1987 seconds (0.1#10.140)