Legenda Jubanger Sampang, Pemandian Keramat Peninggalan Joko Tole Ampuh Sembuhkan Penyakit Kulit

Selasa, 15 Agustus 2023 - 15:03 WIB
loading...
Legenda Jubanger Sampang, Pemandian Keramat Peninggalan Joko Tole Ampuh Sembuhkan Penyakit Kulit
Pemandian Jubanger (Potre Koneng) di Dusun Damaran, Kelurahan Banyuayar, Kabupaten Sampang, Madura. Foto/MPI/Diwan Mohammad Zahri
A A A
SAMPANG - Pemandian Jubanger yang dikenal dengan sebutan pemandian Potre Koneng di Dusun Damaran, Kelurahan Banyuayar, Kabupaten Sampang, Madura banyak diserbu warga yang ingin berobat, terutama mengalami gangguan pada kulit.

Sumber mata air Jubanger ini dipercayai oleh warga bisa mengobati segala macam penyakit kulit, cukup dengan cara mandi di sumber mata air tersebut. Masyarakat setempat menyakini pemandian ini mengandung banyak khasiat.

Diceritakan Konon sumber itu berasal dari tongkat legendaris Joko Tole yang di tancapkan sehingga keluar air. Hingga kini sumber Jubanger masih dijaga dan dirawat perseorangan yang turun-temurun dari leluhur dan juru kunci masuk generasi ke-4.



Juru Kunci Potre Koneng Basuni mengatakan, keberadaan sumber air sudah berlangsung secara turun-temurun sejak penjajahan Jepang, Menurut dia, banyak warga datang dari Sampang hingga luar daerah untuk mandi dengan tujuan mengobati penyakit kulit.

”InsyaAllah yang datang dengan niat berobat semacam penyakit kulit bisa sembuh karena air sumber jubanger ini hanya perantara,” kata Basuni.

Dia menjelaskan, jika sumber mata air Jubanger Potre Koneng konon berawal dari tongkat Joko Tole, sosok tokoh legendaris pahlawan yang melawan Kompeni Belanda asal Madura.



”Berdasarkan cerita kakek saya, sumber ini awalnya berasal dari tongkat Joko Tole yang ditancapkan dan mengeluarkan air hingga sampai saat ini,keberadaan mata air meski musim kemarau atau sebaliknya tidak pernah kering hingga saat ini,” ungkapnya.

Awalnya keberadaan sumber tersebut belum terawat dengan baik dan saat ini sudah direhab serta dipagar dengan tembok. Sampai saat ini masih dijaga dan dirawat perseorangan yang telah memasuki generasi ke 4 sebagai juru kunci pemandian Potre Koneng.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1008 seconds (0.1#10.140)