Ini Alasan Ridwan Kamil Bangun Ikon Menara Kujang dan Masjid Al-Kamil di Sumedang

Senin, 14 Agustus 2023 - 14:46 WIB
loading...
Ini Alasan Ridwan Kamil Bangun Ikon Menara Kujang dan Masjid Al-Kamil di Sumedang
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan masjid Al-Kamil dan Menara Kujang Sepasang di Kecamatan Jatigede, Sumedang, Jawa Barat. Foto/Istimewa
A A A
SUMEDANG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan masjid Al-Kamil dan Menara Kujang Sepasang di Kecamatan Jatigede, Sumedang, Jawa Barat pada Minggu 13 Agustus 2023. Ikon ini diharapkan menjadi menjadi ikon wisata terbaik di Jawa Barat.

Menara Kujang Sepasang juga dibangun tidak jauh dari Masjid Al-Kamil. Menara ini juga menampakkan dua pasang kujang besar dan dua kujang kecil, terlihat gagah menjadi khas tradisional Jabar.

Pondasi kujang disebut seperti Patung Liberty, yang menjadi ikonik Amerika Serikat.

Desainnya digarap khusus oleh Ridwan Kamil. Tak hanya disuguhi indahnya pemandangan Waduk Jatigede, menara ini bakal dilengkapi dengan cafetaria, museum, dan fasilitas penginapan lainnya.



Ridwan Kamil mengatakan, dua bangunan tersebut dibangun di kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata di Jatigede Sumedang, Jabar. Sehingga diharapkan menjadi ikon wisata terbaik yang ada di wilayah Provinsi Jawa Barat.

”Saya datang ke sini (Waduk Jatigede) dan melihat betapa indahnya, tapi sayang tidak ada wisatawan yang datang ke sini. Padahal ada potensi pariwisata,” terang Ridwan Kamil dalam keterangannya, Senin (14/8/2023).

Menurut dia, Masjid Al-Kamil dibangun dengan arsitektur seperti bunga teratai. Didominasi warna putih, bangunan tersebut tampak seperti bunga teratai yang sedang mekar dengan latar perairan Waduk Jatigede.



Dengan diresmikannya Masjid Al-Kamil dan Menara Kujang Sepasang akan menjadi destinasi wisata baru di kawasan Waduk Jatigede, yang diharapkan dapat mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.

Sementara warga berharap dengan adanya dua bangunan baru itu bisa menjadi ikon wisata baru di Jawa Barat. Warga juga berharap agar fasilitas lainnya bisa lebih dikembangkan lagi agar menjadi daya tarik wisatawan dari luar Jawa Barat.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2096 seconds (0.1#10.140)