Kisah Kecantikan Ratu Shima, Raja Pertama Tanah Jawa Dikenal Adil dan Bijaksana

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 08:33 WIB
loading...
A A A
Kabar tentang ketegasan Ratu Shima saat itu tersebar kemana-mana, hingga manca negara. Suatu saat ada seorang pemimpin kerajaan dari manca negara yang ingin mengetahui kebenaran kabar itu dengan datang ke Kalingga.

Raja manca negara tersebut, dengan sengaja menaruh kantung berisi uang di tengah-tengah persimpangan jalan dekat Alun-alun ibu kota Kerajaan Kalingga. Hal ini dilakukannya dengan niat menguji kebenaran kabar itu.

Tidak seorangpun berani menyentuh kantung yang bukan miliknya itu, selama lebih tiga tahun. Hingga pada suatu hari ada seorang putra Ratu Shima, secara sengaja menyentuh kantung itu.

Meski bukan untuk mencurinya, dan hanya sebatas menyentuhnya saja, namun hal itu telah membuat murka sang raja manca negara.



Mengetahui hal tersebut, Ratu Shima lalu menjatuhkan hukuman mati untuk putranya, akan tetapi para pejabat dan menteri kerajaan memohon agar Sang Ratu mau mengurungkan niatnya itu, dan mengampuni sang pangeran.

Maka Ratu Shima menjatuhkan hukuman memotong satu ruas jari tangan sang pangeran. Dalam catatan sejarahnya, Ratu Shima pada lahir tahun 611 Masehi, di sekitar Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Dia merupakan isteri Raja Kartikeyasinga, yang menjadi Raja Kalingga (648-674) Masehi. Ketika suaminya, Raja Kartikeyasinga meninggal, Ratu Shima naik tahta Kerajaan Kalingga dengan gelar Sri Maharani Mahissasuramardini Satyaputikeswara.

Dari perkawinan Kartikeyasingha dengan Shima melahirkan dua orang anak, yaitu Parwati dan Jay Sima. Berdasarkan dokumentasi surat menyurat milik Kekhalifahan Bani Umayyah yang disimpan di Museum Granada, Spanyol.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2506 seconds (0.1#10.140)