Kisah Kecantikan Ratu Shima, Raja Pertama Tanah Jawa Dikenal Adil dan Bijaksana

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 08:33 WIB
loading...
Kisah Kecantikan Ratu Shima, Raja Pertama Tanah Jawa Dikenal Adil dan Bijaksana
Potret kecantikan Ratu Shima, raja pertama tanah Jawa versi AI. Foto/Istimewa/AI Nusantara
A A A
Kerajaan Kalingga yang mencapai puncak kejayaannya di bawah pemerintahan raja wanita bernama Ratu Shima. Kerajaan Kalingga merupakan kerajaan bercorak Hindu-Buddha di pantai utara Jawa Tengah pada abad ke-6 Masehi.

Sosoknya disebut-sebut sangat cantik jelita. Hati dan tindakannya juga dikenal sangat adil serta bijaksana. Hal ini membuat sosok Ratu Shima sangat dicintai dan dihormati oleh rakyat Kerajaan Kalingga.

Ratu Shima yang tercatat memerintah Kerajaan Kalingga, pada tahun 674-695 Masehi, juga menerapkan hukum potong tangan bagi para pencuri.



Dalam cerita rakyat yang berkembang di masyarakat, Ratu Shima tak segan memotong tangan puteranya sendiri karena dituduh mencuri barang milik orang lain.

Kerajaan yang diduga wilayahnya berada di sekitar Jepara, Jateng tersebut, begitu tenteram dan damai, karena dipimpin sosok ratu yang sangat adil dan bijaksana. Kepemimpinan Ratu Shima melegenda hingga saat ini.

Kisah Kecantikan Ratu Shima, Raja Pertama Tanah Jawa Dikenal Adil dan Bijaksana


Bahkan, kejujuran, ketegasan, serta keadilannya dalam memimpin Kerajaan Kalingga, hingga kini masih terus didambakan masyarakat.

Ratu Shima menerapkan hukum yang keras dan tegas untuk memberantas pencurian dan kejahatan, serta untuk mendorong agar rakyatnya senantiasa jujur.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1148 seconds (0.1#10.140)