Atasi Kekeringan, Gardu Ganjar Beri Bantuan Mesin Pompa Air Petani Lebak

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 22:10 WIB
loading...
Atasi Kekeringan, Gardu Ganjar Beri Bantuan Mesin Pompa Air Petani Lebak
Relawan Gardu Ganjar Jaringan Jawara Banten memberikan bantuan mesin pompa air kepada petani di Desa Buyut Mekar, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, Jumat (11/8/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
LEBAK - Relawan Gerakan Desa untuk (Gardu) Ganjar Jaringan Jawara Banten memberikan bantuan mesin pompa air kepada petani di Kabupaten Lebak. Mesin pompa air ini untuk mengairi sawah yang kekeringan agar terhindar dari gagal panen.

Dengan mesin pompa itu, persawahan di desa tersebut teraliri air dengan baik. "Karena puluhan hektare sawah di desa ini mengalami kekeringan kami berinisiatif memberikan bantuan ini," kata Koordinator Gardu Ganjar Jaringan Jawara Banten Agus Suparman di Desa Buyut Mekar, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, Jumat (11/8/2023).

Pemberian dua unit mesin pompa ini bertujuan mengantisipasi cuaca ekstrem yang belakangan ini terjadi. Mesin pompa air ini dapat mengaliri air dari sungai ke puluhan hektare sawah petani di desa tersebut.

"Bagi petani, bantuan ini sangat bermanfaat sekali karena sudah beberapa bulan di sini mengalami kekeringan. Mata pencaharian mereka kan bertani. Jadi, mereka membutuhkan ini untuk mengaliri air ke sawah-sawah mereka," ujarnya.

Agus berharap mesin pompa ini juga bisa membantu meningkatkan produksi pertanian dengan ketersediaan air yang cukup. "Harapannya, petani bisa memaksimalkan bantuan dari kami, memelihara dan menjaga mesin ini agar terus bermanfaat bagi mereka," ungkapnya.

Bantuan ini terinspirasi dari bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo yang konsen terhadap kesejahteraan petani melalui program-program yang telah dijalankannya di Jawa Tengah. "Kami menilai sosok Pak Ganjar sangat antusias terhadap masyarakat di bawah. Apalagi ke petani, Pak Ganjar selalu mengedepankan kepentingan masyarakat kecil," lanjutnya.

Bantuan ini juga merupakan cerminan bahwa Ganjar hadir untuk semua masyarakat. Diharapkan, hasil padi di wilayah itu meningkat sehingga rakyat makin sejahtera. Para relawan bersama para petani di Kabupaten Lebak, Banten, turut mendoakan dan mendukung Ganjar Pranowo menjadi presiden Indonesia periode 2024-2029.

Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Buyut Mekar Ahmad Gozali bersyukur atas bantuan mesin pompa air tersebut. "Saya mengucapkan terima kasih kepada relawan Pak Ganjar yang memberikan mesin pompa air," katanya.

Ahmad berharap, dengan bantuan tersebut puluhan hektare sawah milik warga tidak lagi kekeringan. Dia juga berharap produksi padinya bisa terus meningkat.

Ahmad dan para petani lainnya di Kabupaten Lebak juga berharap relawan Ganjar Pranowo ini terus memperhatikan para petani dengan program-program yang lebih bermanfaat. "Semoga Pak Ganjar lewat relawannya selalu terjun ke lapangan. Ini sangat luar biasa, melihat lokasi seperti ini. Adanya di perkampungan, perjalanan lumayan jauh dan jalannya cukup ekstrem," ujarnya.
(poe)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0914 seconds (0.1#10.140)
pixels