Diduga Kelaparan, Beruang Madu Berkeliaran di Permukiman Warga Madina

Rabu, 09 Agustus 2023 - 19:10 WIB
loading...
Diduga Kelaparan, Beruang Madu Berkeliaran di Permukiman Warga Madina
Seekor beruang madu berkeliaran di sekitar permukiman warga Desa Sopo Tinjak, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara. Foto/iNews TV/Ahmad Husein Lubis
A A A
MANDAILING NATAL - Seekor beruang madu liar berkeliaran di permukiman warga Desa Sopo Tinjak, Kabupaten Mandiling Natal (Madina), Sumatera Utara. Kemunculan beruang madu tersebut, sempat direkam warga menggunakan kamera ponsel.



Dalam rekaman video yang beredar di media sosial, terlihat beruang madu tersebut beberapa kali memakan gula aren buatan warga. Kemunculan beruang madu ini, membuat resah warga karena khawatir hewan buas tersebut tiba-tiba melakukan penyerangan.



Kepala Seksi Perlindungan Hutan KPH Wilayah IX, Muliawan mengungkapkan, beruang madu yang turun gunung ini diduga kelaparan dan memakan gula aren buatan warga. "Berulangkali, warga mengaku kehilangan gula aren yang sedang dibekukan di dalam gubuk belakang rumah mereka," tuturnya.



Usai kemunculan beruang madu yang terjadi beberapa kali, warga yang resah tidak berani beraktivitas memproduksi gula aren. Mereka takur akan kemunculan beruang madu secara tiba-tiba.





"Beruang madu yang datang ke sekitar permukiman warga ini, berasal dari kawasan hutan lindung dan Taman Nasional Batang Gadis. Beruang madu itu diduga kelaparan, dan ingin mencari makanan hingga ke luar dari habiatnya. Kami telah melakukan upaya antisipasi, termasuk dengan memasang perangkap," ungkap Muliawan.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1290 seconds (0.1#10.140)