Santri Ganjar Kalsel Gelar Pelatihan Tanggap Banjir Rob di Banjar

Minggu, 06 Agustus 2023 - 12:47 WIB
loading...
Santri Ganjar Kalsel Gelar Pelatihan Tanggap Banjir Rob di Banjar
Relawan SDG Kalsel menggelar pelatihan tanggap bencana banjir rob di Desa Aluh-Aluh Kecil Muara, Kecamatan Aluh-Aluh, Kabupaten Banjar, Sabtu (5/8/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BANJAR - Relawan Santri Dukung Ganjar (SDG) Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar pelatihan tanggap bencana banjir rob di Desa Aluh-Aluh Kecil Muara, Kecamatan Aluh-Aluh, Kabupaten Banjar. Desa Aluh-Aluh dan sekitarnya merupakan daerah yang menjadi langganan banjir rob tahunan.

Ketika banjir rob melanda, aktivitas dan kegiatan masyarakat menjadi ikut terhambat lantaran harus dievakuasi terlebih dahulu. "Kami melakukan kegiatan pelatihan tanggap bencana banjir rob, yang mana bencana banjir rob ini hampir terjadi setiap tahun di wilayah Aluh-Aluh ini," kata Korwil SDG Kalsel Rizali, Sabtu (5/8/2023).

Rizali menambahkan banjir rob yang melanda permukiman pesisir dipicu pasang air laut. Saat terjadi pasang, Kecamatan Aluh-Aluh yang dikelilingi sungai besar rawan banjir rob.

Pelatihan yang digelar SDG yakni praktik evakuasi secara langsung di sungai menggunakan perahu karet. "Hari ini kami melakukan pelatihannya evakuasi ke masyarakat yang terdampak banjir, salah satunya menggunakan alat-alat sederhana. Perahu karet, pelampung dan lain-lain untuk keselamatan masyarakat itu sendiri," jelasnya.

Diharapkan setelah pelatihan ini, warga menjadi lebih antisipatif dan waspada terhadap bencana banjir rob.
Pasalnya saat banjir rob melanda aktivitas perekonomian desa ikut terhenti.

"Setelah ini semoga harapan kami masyarakat juga lebih dapat mengantisipasi dampak banjir rob. Masyarakat lebih hati-hatilah terhadap banjir rob. Setelah adanya pelatihan ini lebih hati-hati, lebih bisa melakukan penanggulangan bencana banjir rob dan tidak perlu was-was terjadinya banjir rob," tuturnya.

Pada kesempatan itu, SDG Kalsel juga mengadakan doa bersama untuk bakal calon presiden (bacapres) 2024 Ganjar Pranowo. Rizali menilai, Ganjar Pranowo adalah sosok bacapres yang memiliki program-program yang layak untuk menjadi program nasional. Dia menyebut, Ganjar adalah sosok yang sederhana dan merakyat.

"Kami berharap kegiatan hari ini berefek kepada masyarakat khususnya untuk menaikkan nama Pak Ganjar Pranowo menjadi lebih ke grass root, yang mana program-program khususnya menyapa masyarakat, edukasi, itu dapat dirasakan langsung masyarakat," ungkapnya.

SDG Kalsel juga menyalurkan bantuan yang diberikan secara simbolis kepads tokoh masyarakat Desa Aluh-Aluh berupa ban pelampung dan dayung perahu karet. Salah satu warga Desa Aluh-Aluh bernama Gusti Saman sangat mendukung kegiatan SDG Kalsel.

Dia menyampaikan, desanya sering menjadi langganan banjir rob yang terjadi setiap tahun. Oleh sebab itu, Saman menilai pelatihan tanggap bencana banjir rob yang diadakan Santri Dukung Ganjar Kalsel dapat memberi bekal pengetahuan dan pengalaman kebencanaan untuk warga desa.

"Sering (banjir rob). Cuma kalau di sini banjir robnya malam-malam biasanya. Insya Allah dengan adanya kegiatan Santri Dukung Ganjar bisa bermanfaat," katanya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.0955 seconds (0.1#10.140)