Damkar Kota Malang Evakuasi Ular Sowo Kopi di Kamar Tidur Warga

Rabu, 02 Agustus 2023 - 11:43 WIB
loading...
Damkar Kota Malang Evakuasi Ular Sowo Kopi di Kamar Tidur Warga
Petugas Damkar Kota Malang berhasil mengevakuasi ular sowo kopi yang masuk ke kamar tidur warga, Selasa (1/8/2023). Foto/Avirista Midaada/MPI
A A A
MALANG - Petugas Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Malang berhasil mengevakuasi ular sowo kopi yang masuk ke kamar tidur warga, Selasa (1/8/2023). Proses evakuasi ular di rumah warga Kelurahan Gadang, Kecamatan Sukun itu berlangsung singkat namun dramatis.

Peristiwa temuan ular itu pertama kali dilaporkan Rony, pemilik rumah saat hendak tidur. Saat itu Rony melaporkan adanya seekor ular itu ke UPT Damkar Kota Malang.

Tak lama berselang, petugas Damkar Kota Malang datang dan langsung mengambil seekor ular yang bersembunyi di ranjang kamar tidur menggunakan tongkat penjepit. Sempat kesulitan karena ada perlawanan dari ular.

Kepala UPT Damkar Satpol PP Kota Malang, Agoes Soebekti menjelaskan adanya laporan warga itu masuk kepadanya sekitar pukul 09.00 WIB, Selasa (1/8/2023). Tak menunggu waktu lama petugas Damkar langsung bergerak ke lokasi.


">

"Yang laporan pak Rony pemilik rumah, ada ular masuk ke kamar rumah, dan kami kerahkan 4 personel Damkar," ungkap Agoes Soebekti, pada Rabu (2/8/2023) pagi.

Setibanya di lokasi keberadaan ular, tim Damkar langsung menyiapkan alat penjepit khusus guna mengevakuasi ular. "Setelah dievakuasi, ular dimasukkan kedalam box plastik. Ular tersebut berjenis ular sowo kopi," tambah Agoes.

Ular yang berhasil dievakuasi itu memiliki warna coklat gelap, namun tidak beracun. Kurang lebih 5 menit ular yang masuk kedalam kamar tersebut dapat dievakuasi. "Ular tersebut tidak berbisa, biasanya suka makan tikus," ujarnya.

Usai evakuasi, petugas langsung membawa ular tersebut ke kantor Damkar Kota Malang, dan selanjutnya ular tersebut akan dilepasliarkan ke alam bebas.

"Nantinya ular tersebut akan dilepaakan ke alam liar yang jauh dari rumah warga," kata Agoes.

Agoes juga mengimbau kepada warga agar ular tidak masuk ke dalam rumah, warga masyarakat bisa memberi wewangian di sekeliling rumah.

"Kami imbau ke masyarakat agar bisa memberi wewangian seperti kapur barus disekeliling rumah. Hal itu gunanya ular tidak masuk lagi," tukasnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3840 seconds (0.1#10.140)