1,6 Juta ASN Dialokasikan untuk Tenaga Pengajar dan Penyuluh Desa

Rabu, 29 Juli 2020 - 06:38 WIB
loading...
1,6 Juta ASN Dialokasikan untuk Tenaga Pengajar dan Penyuluh Desa
Sejumlah narasumber dalam Webinar Nasional bertajuk Urgensi Pembubaran 18 Lembaga Negara, Selasa (28/7/2020). Foto/Istimewa
A A A
SEMARANG - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Kemen PAN RB ) akan segera menyusun rancangan PP pembubaran 18 lembaga negara nonstruktural.

Untuk selanjutnya, Kemen PAN RB melakukan koordinasi dengan BKN dan Kemenkeu terkait pengalihan pendanaan, pegawai dan dokumen serta aset lembaga.

“Tujuan penyederhaan (pembubaran 18 lembaga) ini adalah membuat birokrasi lebih dinamis, mewujudkan ASN yang semakin profesional, fokus pada pekerjaan fungsional. Selanjutnya percepatan sistem kerja dan mendorong efektivitas dan efisiensi kerja,” jelas Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo saat berbicara di Webinar Nasional yang digelar Departemen Administrasi FISIP dan KAMAP Undip Semarang, Selasa (28/7/2020).

Selain pembubaran lembaga negara nonstruktural, pihaknya juga melakukan pemangkasan eselon III dan IV ASN di pemerintah daerah, kementerian dan lembaga. Saat ini sudah mencapai 60% dan ditargetkan selesai dilakukan pada Desember 2020.

(Baca juga: Pakai Kostum Monster Corona, Relawan Gibran Bagikan Sembako ke Warga )

Tjahjo menyebutkan, jumlah ASN di Indonesia saat ini hampir mencapai 4,3 juta orang, dimana 70 persennya ada di pemerintah daerah. Dari jumlah itu, 1,6 juta diantaranya adalah tenaga administrasi.

“Penataan per bulan Juli ini sudah mencapai 60%. Mudah-mudahan target merubah pola pikir struktural ke fungsional bisa selesai Desember 2020. Ini semangatnya adalah penyederhanaan birokrasi,” tandasnya.

Ia menambahkan, pemerintah saat ini mulai mencermati jumlah 1,6 juta pegawai tersebut. Dimana 700 ribu diantaranya akan dialokasikan untuk tenaga pengajar dan saat ini sudah dipersiapkan oleh Kemen PAN RB, Kemendikbud, Kemendagri dan Kemenkeu.

(Baca juga: Swab Mandiri, Wakil Wali Kota Solo Telah Negatif COVID-19 )

Selain itu, 260 ribu untuk kebutuhan tenaga kesehatan (dokter, perawat dan bidan) serta 80-an ribu tenaga penyuluh di desa. “Birokrasi di Pemerintahan (pemda, lembega dan kementerian) dinilai terlalu gemuk, lamban dan sumberdaya manusianya mesti diupgrade,” tegasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3256 seconds (0.1#10.140)