alexa snippet

Tipu Calon Mahasiswa Kedokteran, Dua Oknum PNS Diringkus

Tipu Calon Mahasiswa Kedokteran, Dua Oknum PNS Diringkus
Foto/Ilustrasi/INews
A+ A-
MAKASSAR - Diiming-iming bakal lulus masuk di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (UNhas) Makassar, Sulawesi Selatan, seorang calon mahasiswa kedokteran tertipu Rp400 juta. Dua orang PNS yang berperan sebagai calo ditangkap setelah korbannya melapor ke polisi.

Dua pelaku merupakan PNS, Rahmatia merupakan staf bagian arsip Unhas dan Nurjanah merupakan guru di SMAN di Makassar. Kedua oknum PNS itu diamankan aparat kepolisian setelah orangtua calon mahasiswa melaporkan kasus ini ke polisi. Dalam aksinya, pelaku meminta uang pelicin sebesar Rp400 juta.

Diperkirakan korban penipuan ini berjumlah 19 orang namun saat ini baru satu korban yang melapor ke polisi. Kemungkinan kedua oknum tersebut sudah menjalankan aksinya selama dua tahun.
 
Rektor Unhas Dwia Aries Tina Pulubuhu menegaskan, salah satu pelaku yang merupakan staf admin di kampusnya terancam dipecat. "Kami akan memberikan sanksi tegas jika ada orang dalam yang berbuat curang seperti ini," katanya melalui rilis yang diterima MNC Media, Kamis (8/12/2016).

Dwia menduga, aksi pelaku juga dibantu oleh belasan oknum lainnya. Mereka ada yang guru SMA serta dokter di rumah sakit swasta di Makassar.

Sementara itu, Kapolsek Tamalanrea Kompol Aisyah Saleh membenarkan adanya dua oknum PNS yang ditangkap karena kasus percaloan di Fakuktas Kedokteran Unhas.

"Kedua oknum PNS itu memang sudah ditangkap tapi kami masih meneliti kemungkinan 14 orang lainnya yang diduga melakukan praktik serupa," katanya.

Dalam melakukan aksinya, para pelaku menggunakan modus pemalsuan Surat Keputusan atau SK Rektor Unhas. Dalam SK palsu itu ditulis soal penambahan kuota mahasiswa baru Fakultas Kedokteran. "Padahal tidak ada penambahan kuota ini," ujarnya.



(ysw)
loading gif
Top