Gubernur Sugianto Sabran Buka Porprov XII Kalteng 2023

Kamis, 27 Juli 2023 - 09:09 WIB
loading...
Gubernur Sugianto Sabran Buka Porprov XII Kalteng 2023
Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran membuka secara resmi (PORPROV) XII Kalteng 2023, bertempat di Stadion 29 November Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Rabu (26/7/2023) malam.
A A A
SAMPIT - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran membuka secara resmi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Kalteng 2023 yang digelar di Stadion 29 November Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Rabu (26/7/2023) malam.

Dalam sambutannya Gubernur Sugianto mengatakan, melalui Porprov ini diharapkan dapat kembali menggairahkan semangat berolahraga, serta meningkatkan pengalaman bertanding dan prestasi atlet di Kalteng.

“Porprov ini merupakan ajang yang bergengsi, karena menjadi jalan menuju pra-PON yang apabila lolos nantinya, para atlet akan mendapatkan tiket untuk berlaga di Pekan Olahraga Nasional atau PON,” tutur gubernur.

Dia menegaskan bahwa kita semua sangat berharap melalui Porprov akan lahir atlet-atlet berbakat yang mampu mengharumkan nama Kalimantan Tengah lewat prestasi gemilang di kancah nasional seperti PON dan bahkan internasional.
Gubernur Sugianto Sabran Buka Porprov XII Kalteng 2023

"Porprov ini hendaknya menjadi momentum kebangkitan prestasi olahraga Kalteng, di mana stakeholders keolahragaan bahu-membahu mengembangkan pembinaan atlet sejak dini dan berkelanjutan," ujarnya.

Orang nomor satau di Bumi Tambun Bungai ini mengharapkan event Porprov ini dapat sekaligus mendongkrak perekonomian masyarakat, seperti pedagang kecil dan UKM, serta mempromosikan tempat wisata dan kuliner khas, khususnya di Kotawaringin Timur.

Ia berpesan kepada seluruh kontingen, agar menjadikan kegiatan Porprov ini sebagai sarana mempererat tali silaturahmi dan rasa kebersamaan.

“Kepada seluruh atlet, saya ucapkan Selamat Bertanding. Kerahkan kemampuan terbaik untuk meraih prestasi tertinggi. Kemudian, saya mengucapkan selamat bertugas kepada seluruh panitia, ofisial, wasit, dan juri Porprov. Pesan saya, junjung selalu semangat dan nilai-nilai sportivitas,” ucapnya.

Senada disampaikan Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo berharap ke depan bukan hanya sukses prestasi sebagai peserta saja tetapi sukses sebagai penyelenggara PON tingkat nasional. “Entah tahun berapa ke berapa, ketika kena giliran Kalimantan Tengah itu sebuah peluang,” katanya.

Bersama Gubernur Sugianto, Wagub Edy mengajak masyarakat untuk menjadikan Porprov ini sebagai uji seleksi menghadapi pra-PON, "Jadi kita akan terus menilai atlet-atlet yang punya prestasi di Porprov ini yang tentunya akan selalu dibina,” pungkasnya.

Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor dalam laporannya menyampaikan Porprov XII Kalteng yang berlangsung pada 26 Juli sampai dengan 5 Agustus 2023 akan mempertandingkan 29 cabang olahraga.

Peserta Porprov XII Kalteng 2023 diikuti atlet 29 cabang olahraga berasal dari 14 kabupaten/kota berjumlah 4.619 orang, official dari 29 cabang olahraga berasal dari 14 kabupaten/ kota berjumlah 1.303 orang, panitia pelaksanaan, wasit, juri pendukung cabang olahraga berjumlah 978 orang, dan panitia Porprov XII Kalteng 2023 berjumlah 113 orang dengan jumlah total sebanyak 7.013 orang.

Pelaksanaan Porprov melibatkan tenaga kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, Basarnas dan Tenaga Medis. Sebagai informasi, ada 28 cabang olahraga yang akan diperlombakan dan satu cabor ekshibisi sehingga totalnya 29 cabang olahraga.

Nampak hadir Ketua TP-PKK Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Ketua I TP PKK Kalteng Bidang Pembina Karakter Keluarga Nunu Andriani Edy Pratowo, Ketua DPRD Kalteng Wiyanto, Wakil Ketua DPRDKalteng, Sekretaris Daerah Kalteng Nuryakin dan istri Anitha Nuryakin, bupati/wali kota se-Kalteng dan kepala perangkat daerah Kalteng serta atlet-atlet terbaik dari 14 kabupaten/kota se-Kalteng.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1106 seconds (0.1#10.140)