Situs Warungboto, Pemandian Putri Raja Jawa yang Megah Mirip Bangunan Eropa

Rabu, 26 Juli 2023 - 07:00 WIB
loading...
A A A
Sebagai seorang Raja tentu saja Sri Sultan seringkali melakukan perjalanan. Untuk melepas penat maka pesanggrahan atau taman pun dibuat.

Tercatat pesanggrahan yang dibuat adalah Rejowinanguan, Ambarketawang, dan Krapyak. Menurut pengelola kampung wisata Warungboto, Purnomo, di dalam situs tersebut dulunya berisi ruangan dan di tengahnya ada kolam dengan sumber air yang jernih.

Layaknya taman kerajaan, anak anak Sultan seringkali mandi di taman tersebut. ”Dulu menurut cerita ada sebuah ruangan besar menghadap ke timur dan di depannya ada kolam dengan sumber air. Kemudian sisi timur ruangan kecil baru pintu keluar,” katanya.



Sebelum dipugar situs ini kelihatan gelap dan menjadikan kita merinding. Sebuah bangunan tua dengan lokasi yang gelap menjadikan aura berbeda dengan lokasi lokasi lain.

Beberapa bangunan bangunan tua dengan batu bata merah hancur terkena gempa. Belum lagi setiap situs milik Keraton Yogyakarta dipercaya ada makhluk gaib yang menunggu. Setelah dipugar diapun mengaku berani berkunjung. Itu saja harus bersama banyak teman.

Setelah dilakukan pemugaran dan pembangunan, bangunan tersebut terlihat menjadi menawan. Namun demikian suasana malam hari juga meenbutihkan adrenalin tersendiri.

Nama pesanggrahan Rejowinangun pun semakin lama semakin hilang dan berganti menjadi situs warungboto. Setiap hari mulai banyak wisatawan yang berkunjung.

Situs Warungboto mulai dikenal kalangan milenial saat digunakan untuk foto pre wedding putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu.

Banyak anak-anak muda yang datang hanya untuk berfoto bersama. Praktis tidak ada pertanyaan mengenai sejarah situs yang merupakan pesanggrahan Rejowinangun tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1962 seconds (0.1#10.140)