Kisah Perempuan Tangguh asal Situbondo, Ditipu dan Terpuruk Kini Jadi Wirausaha Kedai Kafe

Selasa, 25 Juli 2023 - 20:47 WIB
loading...
Kisah Perempuan Tangguh asal Situbondo, Ditipu dan Terpuruk Kini Jadi Wirausaha Kedai Kafe
Gravit, perempuan tangguh asal Situbondo, Jawa Timur mampu bangkit dari keterpurukan dan menjadi wirausaha kedai kafe. Foto/Ist
A A A
SITUBONDO - Sosok Gravit, perempuan tangguh asal Situbondo, Jawa Timur bisa menjadi inspirasi. Dia mampu bangkit dari keterpurukan dan menjadi wirausaha kedai kafe.

Hebatnya, umurnya masih awal kepala dua, namun dia sudah jadi pengusaha muda dengan membuka 2 kedai kopi dan 1 usaha distribusi di Situbondo.



Kisahnya dimulai saat mengadu nasib ke Jakarta pada 2022 lalu. Gravit menceritakan sekelumit perjuangannya di Ibu Kota yang tidak mudah. Ia mengaku keluarganya sempat mengalami kesulitan ekonomi hingga memutuskan merantau.

Gravit dan keluarga tertimpa musibah karena menjadi korban penipuan. Walaupun masih belia, namun dia merasa bertanggung jawab untuk mensejahterakan keluarganya yang terpuruk.

Gravit kemudian pada 2029 menjadi pendamping nasabah PNM Mekaar yang secara tidak langsung menambah pengetahuannya terkait kewirausahaan. Dia melakukan pendampingan mulai dari kegiatan pencairan, hingga pendampingan usaha pada setiap petemuan mingguan.

Hingga akhirnya pada 2022 lalu, Gravit berbekal uang hasil bekerja berusaha mandiri. Dia mendirikan kedai kopi atas jerih payahnya sendiri. Kedai kopinya berkembang hingga 3 unit.


“Sejak pandemi memang tantangannya di karyawan kedai kopi yang berkurang. Saya enggak pernah memberhentikan, pasti saya perjuangkan, tetapi kebanyakan karena alasan pribadi,” tuturnya, Selasa (25/7/2023).

Tidak patah semangat, Ia lalu menceritakan bisnis yang sedang digadangnya 3 bulan belakangan ini.

“Omzet lumayan sekali, walaupun masih jadi agen tapi kedai kopi di sini ngambil es kristalnya ke saya. Ada karyawan juga yang bantu,” tambahnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1250 seconds (0.1#10.140)