Ciptakan Ketahanan Pangan, Wong Kito Ganjar Budi Daya Alpukat Mentega

Jum'at, 21 Juli 2023 - 17:02 WIB
loading...
Ciptakan Ketahanan Pangan, Wong Kito Ganjar Budi Daya Alpukat Mentega
Sukarelawan Wong Kito Dewe memberikan edukasi kepada warga OKU Timur tata cara penanaman bibit alpukat mentega, Kamis (20/7/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
OKU TIMUR - Sukarelawan Wong Kito Dewe memberikan edukasi kepada warga Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur tata cara penanaman bibit alpukat mentega. Kegiatan ini merupakan upaya ketahanan pangan dengan menyulap pekarangan rumah menjadi lahan hijau.

Edukasi meliputi pemilihan bibit, menyediakan lubang, pemberian pupuk yang tepat, dan lain sebagainya. Berlokasi di Desa Sidowaluyo, Kecamatan Belitang Mulya, Kabupaten OKU Timur, acara ini disambut baik oleh warga.

Relawan Ganjar Pranowo ini juga melakukan penanaman bibit alpukat mentega secara langsung di pekarangan rumah warga. Di samping itu, mereka menyerahkan 730 bibit untuk dibagikan ke 12 desa.

"Tujuan kami menciptakan ketahanan pangan ataupun penambahan pendapatan masyarakat. Masyarakat bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari penjualan alpukat mentega," kata Korwil Wong Kito Dewe Kabupaten OKU Timur, Dwiyanto, Kamis (20/7/2023).

Alpukat mentega dipilih lantaran mudah dibudidayakan serta digemari warga. Budi daya ini memiliki banyak manfaat bagi warga, di antaranya menjadi stimulus penguatan ekonomi masyarakat, mengentaskan kemiskinan, serta ketahanan pangan penuhi gizi keluarga.

Wong Kito Dewe OKU Timur juga bakal memberikan pendampingan kepada warga mulai dari penanaman, perawatan berkala, hingga berbuah. "Nanti relawan memonitor ataupun perawatan berkala dari pemupukan sampai penyemprotan. Nantinya kita yang memberikan sekaligus edukasi dan penanganan di lapangan," jelasnya.

Erlan (55), salah satu warga Desa Sido Waluyo mengaku tertarik untuk membudidayakan alpukat mentega ini. Menurut dia, apa yang telah dilakukan relawan Ganjar Pranowo itu dinilai tepat dan bermanfaat bagi warga setempat. "Insyaallah kalau berbuah lebih banyak jadi pendapatan keluarga," katanya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0066 seconds (0.1#10.140)