Tuntaskan Masalah Air, PDAM Surabaya Gandeng Perusahaan Korea

Selasa, 11 Juli 2023 - 13:50 WIB
loading...
Tuntaskan Masalah Air, PDAM Surabaya Gandeng Perusahaan Korea
PDAM Surya Sembada Kota Surabaya menggandeng perusahaan asal Korea, WI.Plat dalam menuntaskan masalah tingkat kehilangan air. Foto/Istimewa
A A A
SURABAYA - PDAM Surya Sembada Kota Surabaya menggandeng perusahaan asal Korea, WI.Plat dalam menuntaskan masalah Tingkat Kehilangan Air (Non-Revenue Water/NRW).

Kerja sama terkait upaya menurunkan Tingkat Kehilangan Air itu tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangan di Kantor Pusat PDAM Surya Sembada Kota Surabaya.

Kerja sama turut melibatkan PT SUPRA Internasional Indonesia (SUPRA) dan didukung Korea International Cooperation Agency (KOICA) dalam program Creative Technology Solution (CTS) tahap 2.

Kehilangan air merupakan tantangan yang signifikan di banyak kota di Indonesia dan Surabaya bukanlah pengecualian.



Dalam upaya mengatasi masalah ini, PDAM Surya Sembada Surabaya terpilih sebagai mitra proyek grant dari KOICA dalam Program Creative Technology Solution tahap 2 (CTS 2). Program bertujuan menurunkan tingkat NRW yang saat ini mencapai 30,18%.

SUPRA, perusahaan teknologi terkemuka Korea Selatan menerapkan teknologi terbaru mendeteksi kebocoran air. Program CTS 2 mencakup pelatihan dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia guna meningkatkan mengelola dan mengatasi masalah kehilangan air.

Direktur Utama PDAM Surya Sembada Kota Surabaya Arief Wisnu Cahyono mengatakan, pentingnya program ini dalam membangun roadmap yang kokoh untuk mengurangi kehilangan air dan mengelola NRW dengan lebih efektif.



Keberhasilan program ini di PDAM Surabaya dapat menjadi contoh terbaik bagi PDAM lain di Indonesia dalam mengatasi tantangan serupa. Direktur Utama PDAM Surya Sembada Kota Surabaya juga mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh SUPRA.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2640 seconds (0.1#10.140)