Hidupkan Budaya Garut, Ganjar Muda Padjajaran Gelar Permainan Bola Api

Minggu, 09 Juli 2023 - 12:56 WIB
loading...
Hidupkan Budaya Garut, Ganjar Muda Padjajaran Gelar Permainan Bola Api
Relawan GMP menggelar pertunjukan permainan bola api di Kabupaten Garut, Sabtu (8/7/2023). GMP menggandeng sejumlah paguyuban kebudayaan Garut untuk menggelar kegiatan ini. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
GARUT - Relawan Ganjar Muda Padjajaran (GMP) menggelar pertunjukan permainan bola api di Kabupaten Garut. GMP menggandeng sejumlah paguyuban kebudayaan Garut untuk menggelar kegiatan ini.

Korda GMP Kabupaten Garut Mamad Komarudin menjelaskan, permainan bola api telah menjadi budaya bagi masyarakat Garut. Lewat pergelaran ini, Mamad berharap bisa menghidupkan kembali budaya permainan bola api yang kini telah jarang dimainkan masyarakat.

"Ini dalam rangka menghidupkan kembali tradisi di masyarakat, yaitu bola api yang hampir punah, karena ini adalah warisan dari leluhur sunda, khususnya di Kabupaten Garut," kata Mamad di Desa Cimanganten, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Sabtu (8/7/2023) malam.

Selain permainan bola api, relawan GMP juga menyuguhkan sejumlah pertunjukan lainnya. Mulai dari pencak silat hingga berbagai atraksi menggunakan metode api.

Mamad menuturkan, acara tersebut juga dihadiri banyak ketua paguyuban berbagai kesenian hingga praktisi kebudayaan. "Ini bukti dukungan dari komunitas seni budaya yang ada di Kabupaten Garut, yang Insyaallah akan mendukung Ganjar Pranowo untuk menjadi Presiden 2024," tandasnya.

Lebih lanjut, dia juga berharap agar ke depannya agenda-agenda kebudayaan di Garut bisa mendapat dukungan penuh dari pemerintah. Baik pusat maupun daerah. Sehingga kesenian di Garut tetap lestari.

Kegiatan yang terinspirasi dari sosok Ganjar yang peduli pada kebudayaan ini akan terus berlanjut. Dia menargetkan, akan menggelar perlombaan pencak silat di Garut dalam beberapa waktu ke depan.

"Insyaallah kita akan mengadakan pasanggiri (lomba pencak silat) empat kecamatan, yang akan melibatkan ratusan kontingen," tuturnya.

Deti Rahmawati, praktisi budaya Garut yang hadir mengucapkan terima kasih kepada relawan GMP atas terselenggaranya pertunjukan budaya permainan bola api tersebut. Ketua salah satu paguyuban kesenian di Garut ini menyebut, pertunjukan ini sejalan dengan misinya yang ingin melestarikan dan mengembangkan seni dan budaya Garut.

"Salah satu motivasi atau visi misi kami adalah salah satunya dengan mengembangkan seni budaya. Di antaranya pencak silat, seni atraksi debus yang ceritanya dari zaman dahulu kala, itu adalah tradisi leluhur kami. Yang ketiga itu bola api. Ini permainan para orang tua kami dulu," ujarnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5548 seconds (0.1#10.140)