Usbat Ganjar Edukasi Manfaat Kesehatan di Balik Gerakan Salat

Sabtu, 08 Juli 2023 - 16:16 WIB
loading...
Usbat Ganjar Edukasi Manfaat Kesehatan di Balik Gerakan Salat
Relawan Usbat Ganjar Sumut mengedukasi warga tentang manfaat kesehatan di balik gerakan salat di Jalan PAM Tirtanadi, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan, Jumat (7/7/2023) siang. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
MEDAN - Relawan Ustaz Sahabat (Usbat) Ganjar Sumut mengedukasi warga tentang manfaat kesehatan di balik gerakan salat. Edukasi dilakukan bersama Majelis Taklim al-Hasyimiyah di Kota Medan.

“Yang kita sampaikan berkaitan dengan gerakan-gerakan salat yang banyak mengandung manfaat apabila ditinjau dari sisi kesehatan,” kata Korda Usbat Ganjar Medan Muhammad Nizar Nur di Jalan PAM Tirtanadi, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan, Jumat (7/7/2023) siang.

Dalam kesempatan itu, Usbat Ganjar Medan menjelaskan satu per satu gerakan salat beserta hikmah kesehatannya bagi tubuh. Mulai dari berdiri bersedekap, rukuk, i’tidal, sujud, hingga duduk tasyahud.

Saat berdiri bersedekap, jelas Nizar, tubuh mudah memproduksi getah bening dan air jaringan dari persendian tangan. Sehingga gerakan di dalam sendi-sendi bisa lebih lancar dari biasanya.

Sementara gerakan rukuk dapat memperlancar peredaran darah. Nizar mengatakan rukuk juga bisa mengatasi beberapa keluhan kesehatan seperti nyeri pinggul, dengkul, telapak kaki, dan tulang belakang.

Gerakan i’tidal bermanfaat sebagai latihan yang baik untuk tubuh karena organ-organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Apabila dilakukan rutin dapat melancarkan pencernaan.

“Kemudian sujud dilihat dari kacamata kesehatan dapat mengoptimalkan atau menormalisasi jantung. Artinya di situ banyak ruang yang mana kerja jantung jadi optimal memompa darah. Ada juga duduk tasyahud untuk mensirkulasi darah,” tandasnya.

Nizar mengatakan edukasi ini diberikan untuk menggugah semangat warga dalam melaksanakan salat. Sehingga mereka senantiasa memiliki tubuh yang sehat karena rutin menjalankan ibadahnya. “Jadi ada kesehatan di balik ibadah. Ibadahnya dapat, kesehatan juga dapat,” terangnya.

Kegiatan ini diikuti antusias warga yang hadir. Nizar pun berpesan kepada mereka agar senantiasa menjaga salat dan kesehatannya. “Doa kami dan harapan kami setelah kegiatan ini masyarakat Medan senantiasa sehat-sehat selalu. Doa kami agar masyarakat Medan sehat-sehat semua,” tuturnya.

Pembina Majelis Taklim al-Hasyimiyah Agus Rizal mengapresiasi upaya Usbat Ganjar yang konsisten mengajarkan berbagai kebaikan kepada masyarakat. Khususnya hal-hal yang berkaitan dengan ibadah.

“Ini harus banyak disosialisasikan agar masyarakat ini semakin semangat untuk beribadah. Ternyata ibadah itu juga bermanfaat untuk kesehatan pribadi, kesehatan bersama,” katanya.

Selain memberikan edukasi, Usbat Ganjar Medan juga memberikan bantuan berupa pengeras suara, kipas angin, dan tikar. Rizal mengatakan, bantuan yang diberikan sangat bermanfaat untuk kegiatan majelis taklim sehari-hari.

“Dengan bantuan yang diberikan kami bisa mengadakan halaqa-halaqa seperti ini. Sangat bermanfaat. Bagi kita yang mengelola majelis taklim, penting untuk menghadirkan kenyamanan kepada masyarakat yang bermajelis. Semoga sehat selalu Usbat Ganjar,” ujarnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0869 seconds (0.1#10.140)