Santri Ganjar Sosialisasi Pentingnya Konsumsi Air Bersih di Ponpes Assalafiyah

Jum'at, 07 Juli 2023 - 22:56 WIB
loading...
Santri Ganjar Sosialisasi Pentingnya Konsumsi Air Bersih di Ponpes Assalafiyah
Relawan SDG Lampung menyosialisasikan pengelolaan air minum berkualitas di Ponpes Assalafiyah, Banjarsari, Kecamatan Baradatu, Kabupaten Way Kanan, Kamis (6/7/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
WAY KANAN - Relawan Santri Dukung Ganjar (SDG) Lampung menyosialisasikan pengelolaan air minum berkualitas. Kegiatan ini bagian dari mengampanyekan pola hidup sehat.

Kepala Divisi (Kadiv) Massa SDG Lampung Arisandi mengatakan air bersih menjadi salah satu indikator kesehatan bagi masyarakat. Apalagi air itu dikonsumsi setiap hari. Menurut dia, banyak santri yang kurang memahami pentingnya air bersih untuk dikonsumsi.

"Sosialisasi ini kami anggap penting makanya kami adakan di sini karena memang kurangnya paham dan banyak santri yang masih menyepelekan air bersih. Air bersih itu salah satu indikator kesehatan," katanya di Ponpes Assalafiyah, Banjarsari, Kecamatan Baradatu, Kabupaten Way Kanan, Kamis (6/7/2023).

Dalam penyuluhan itu, para santri diedukasi tentang cara membedakan air minum yang layak konsumsi dan yang tidak. Tujuannya agar mereka terhindar dari penyakit karena mengonsumsi air yang penuh bakteri.

"Dijelaskan bahaya air yang tidak layak konsumsi, minuman kemasan yang berdampak terhadap kesehatan manusia. Termasuk manfaat air bersih untuk mereka," ungkapnya.

Arisandi berharap setelah diberi penyuluhan ini, para santri dan masyarakat sekitar lebih peduli terhadap kesehatan mereka. Terutama memperhatikan air yang mereka konsumsi.

Untuk meningkatkan kesehatan, SDG Lampung membantu renovasi tempat mandi, cuci, kakus (MCK) serta tempat wudhu di ponpes tersebut. "Kami memberikan beberapa bantuan bahan bangunan seperti pasir, semen, dan keramik lantai,” ujarnya.

Selain itu, relawan juga menyosialisasikan sosok Ganjar Pranowo yang dekat dengan ulama dan santri. Mereka sekaligus menghimpun dukungan di Lampung untuk mendukung Ganjar dan memenangkan Pilpres 2024.

Pimpinan Ponpes Assalafiyah Bahroni menyambut antusias kedatangan sukarelawan SDG Lampung. Dia bersyukur atas kunjungan yang membawa banyak manfaat bagi pesantrennya ini.

"Saya mengucapkan terima kasih atas sosialisasi pengelolaan air minum sehat dan bersih yang diinisiatori SDG ini di ponpes kami," katanya.

Bahroni mengatakan, setelah mengikuti penyuluhan pengelolaan air bersih ini, pihaknya dan para santri makin meningkatkan perhatian terhadap kesehatan, terutama pentingnya air bersih untuk dikonsumsi.
"Setelah ikut dalam sosialisasi ini, kami lebih berhati-hati," ungkapnya.

Sukarelawan SDG dan warga ponpes juga mendoakan agar Ganjar Pranowo dapat menjadi presiden Indonesia periode 2024-2029. "Harapan kami mudah-mudahan beliau menjadi orang nomor 1 pada 2024. Mudah-mudah Allah meridhai," tandasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3179 seconds (0.1#10.140)