5 Fakta Keris Nogososro, Pusaka Keramat dari Zaman Majapahit yang Dapat Menangkal 1.000 Bencana

Jum'at, 07 Juli 2023 - 16:22 WIB
loading...
5 Fakta Keris Nogososro, Pusaka Keramat dari Zaman Majapahit yang Dapat Menangkal 1.000 Bencana
Keris Nogososro merupakan pusaka legendaris peninggalan Majapahit yang memiliki 13 luk dan dihiasi dengan emas dan berlian. Foto/Ilustrasi
A A A
Keris Nogososro sebuah pusaka legendaris dari zaman Majapahit yang memiliki 13 luk dan dihiasi dengan emas dan berlian. Keris ini dianggap sebagai pusaka paling sakti di Pulau Jawa dan konon dibuat pada masa pemerintahan Prabu Brawijaya V (1466–1478).

Benda ini sangat dicari oleh banyak tokoh masyarakat, termasuk pendekar, pemimpin, dan penguasa. Pusaka ini dibuat oleh Pangeran Mpu Sedayu, yang juga dikenal sebagai Mpu Supa Mendagri atau Mpu Pitrang.

1. Asal Mula Penciptaan Keris Nogososro


Keris Nogososro dibuat pada saat Kerajaan Majapahit sedang mengalami kemunduran setelah perang saudara. Musim kemarau yang panjang mengakibatkan kekeringan di sawah dan ladang, sehingga hasil panen tidak mencukupi kebutuhan rakyat.

Ekonomi masyarakat dikuasai oleh para saudagar besar yang memonopoli perdagangan. Selain itu, para pejabat kerajaan juga tidak memperhatikan kondisi rakyat, sibuk saling berebut kekuasaan dan memperkaya diri sendiri.



Pada saat itu, Kerajaan Blambangan sudah bersiap untuk menyerang ibu kota Majapahit. Menghadapi situasi ini, Raja Brawijaya V mengumpulkan para patih, menteri, dan penasihatnya.

Namun, semua yang hadir hanya diam dan tidak dapat mengungkapkan keprihatinan mereka.

Kemudian, seorang penasihat memohon izin untuk memberikan saran kepada sang raja. Ia menyarankan agar raja memanggil Mpu Supa ke istana dan memerintahkannya untuk membuat sebilah pusaka yang dapat meredam semua bencana yang terjadi saat itu.

2. Permintaan Raja untuk Membuat Pusaka Keramat


Setelah mendengar saran dari penasihatnya, sang raja setuju bahwa kerajaan membutuhkan sebuah pusaka setelah pusaka Kiai Sengkelat diselamatkan dari Blambangan.

Raja Brawijaya V meminta Mpu Supa untuk membuat keris yang dapat menenangkan keadaan kerajaan dan melindungi dari 1.000 macam bencana.

Mpu Supa menerima permintaan tersebut dan mulai mencari petunjuk dari Tuhan mengenai bentuk dan manfaat senjata pusaka yang akan menjadi andalan Majapahit.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1256 seconds (0.1#10.140)