Jalan Tertimbun Longsor Setebal 3 Meter, Akses Lumajang-Malang Putus Total

Jum'at, 07 Juli 2023 - 09:59 WIB
loading...
Jalan Tertimbun Longsor Setebal 3 Meter, Akses Lumajang-Malang Putus Total
Hujan deras yang mengguyur Lumajang mengakibatkan tebing setinggi 50 meter di area piket nol longsor, Sumberwuluh, Candipuro, Jumat (7/7/2023) longsor. Foto/iNews TV/Yayan Nugroho
A A A
LUMAJANG - Hujan deras yang mengguyur kawasan Lumajang, Jawa Timur mengakibatkan tebing setinggi 50 meter di area piket nol longsor, Jumat (7/7/2023) pagi. Material longsor dengan ketebalan mencapai 3 meter menutup akses jalan.

Akibatnya akses jalan dari Lumajang ke Kabupaten Malang dan sebaliknya putus total. Saat ini petugas belum melakukan upaya pembersihan lantaran dikhawatirkan terjadi longsor susulan.

Baca juga: 68 Kali Gempa Susulan Guncang Lumajang-Malang

Tebing setinggi 50 meter yang longsor berada di area piket nol kilometer 59, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang.

Longsor terjadi diduga karena hujan deras dan tanah yang labil sehingga tak mampu menahan air hujan dan berujung longsor.

"Petugas gabungan TNI, Polri dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang yang datang ke lokasi belum bisa melakukan pembersihan material longsor lantaran kondisi masih hujan dan dikhawatirkan terjadi longsor susulan," kata Camat Candipuro, Agus Samsul.

Baca juga: 2 Truk Terseret Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru, Jalur Alternatif Lumajang-Malang kembali Ditutup

Hingga saat ini belum diketahui kapan upaya pembersihan timbunan longsor di jalan penghubung Lumajang dengan Kabupaten Malang.

Petugas mengimbau masyarakat yang akan menuju kabupaten malang menggunakan jalur utara agar tidak terjebak longsor.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1115 seconds (0.1#10.140)