Positif Antraks, 1 Warga Gunungkidul Meninggal Dunia

Selasa, 04 Juli 2023 - 09:25 WIB
loading...
A A A
Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, temuan kasus zoonosis terakhir terjadi pada awal tahun lalu. Seorang warga Eromoko, Kabupaten Wonogiri, melakukan pemeriksaan kesehatan di Kabupaten Gunungkidul, dan hasilnya positif antraks.

Sejumlah upaya telah dilakukan untuk memutus penularan antraks tersebut. Di antaranya melakukan sosialisasi dan edukasi. Edukasi menekankan agar masyarakat mengerti akan bahaya antraks serta penyakit lain. "Para petani dan peternak, diminta segera melapor ketika menemukan sapi bergejala antraks," tambahnya.



Sementara itu, anggota Komisi D DPRD Kabupaten Gunungkidul, Ery Agustin mengatakan, Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul direkomendasikan segera mengambil langkah-langkah antisipasi penularan antraks, karena menyangkut nyawa manusia.

Terlebih menurut Ery temuan kasus antraks pada manusia di Kabupaten Gunungkidul, telah menjadi atensi Pemprov Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). "Kami minta agar temuan kasus ini segera dilaporkan kepada bupati, agar ada kebijakan lanjutan," tegasnya.
(eyt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1144 seconds (0.1#10.140)