34 Kelompok Santri Berebut Piala Masjid Moeldoko dalam Festival Albanjari di Banyuwangi

Selasa, 04 Juli 2023 - 09:00 WIB
loading...
34 Kelompok Santri Berebut Piala Masjid Moeldoko dalam Festival Albanjari di Banyuwangi
Festival Albanjari memperebutkan Piala Masjid Moeldoko digelar di Banyuwangi, Jawa Timur. Event religi ini diikuti oleh 34 kelompok santri pondok pesantren. Foto/iNews TV/Eris Utomo
A A A
BANYUWANGI - Festival Albanjari memperebutkan Piala Masjid Moeldoko digelar di Banyuwangi, Jawa Timur pada Minggu (2/7/2023). Event religi yang diikuti oleh tiga puluh empat kelompok santri pondok pesantren se-karesidenan Besuki, Jawa Timur tersebut dihadiri Tenaga Ahli Kantor Staf Kepresidenan, Handoko.

Sedangkan Kepala Staf Presiden, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko berhalangan hadir. Acara ini sebagai wadah silahturahmi antar pondok pesantren dan siar islam melalui musikal Islamiah.



“Festival bernafaskan Islami ini berawal dengan didirikannya sebuah masjid di daerah Kabupaten Jombang, Jawa Timur oleh Pak Moeldoko," ujar Handoko.

Sehingga kata dia perlu untuk ditumbuhkembangkan kesenian yang bernafaskan Islamiah Albanjari tersebut.

Sementara itu, Ahmad Abdul Basith, pengasuh Ponpes Subulussalam Tegalsari menambahkan, event religi Festifal Albanjari ini disambut baik masyarakat.

“Karena dapat menumbuhkan semangat para santri untuk berkompetisi antar pondok pesantren dan sebagai sarana siar Islam melalui musikal Islami,” ujarnya.



Acara ini juga memberikan kesempatan bagi pelaku UMKM untuk membuka bazar di pinggir lapangan, sebagai wujud turut serta dalam memberdayaan masyarakat guna peningkatan ekonomi.

Selain merebutkan Piala Masjid Moeldoko, Festifal Albanjari ini berhadiah uang dengan total nilai Rp40 juta. Dan sebagai penutup acara dilaksanakan pengajian akbar dengan pembicara KH Fikri Haikal MZ.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5503 seconds (0.1#10.140)