BMKG: Hujan di Garut Tergolong Ekstrem

Kamis, 22 September 2016 - 14:08 WIB
BMKG: Hujan di Garut Tergolong Ekstrem
BMKG: Hujan di Garut Tergolong Ekstrem
A A A
BANDUNG - Banjir bandang melanda Kabupaten Garut, pada Rabu 21 September 2016. Salah satu penyebabnya adalah cuaca ekstrem yang melanda Garut dan kawasan sekitarnya. Intensitas hujan pun sangat tinggi.

"Kalau ditotalkan selama 10 hari terakhir, curah hujan mencapai 500 milimeter, itu tergolong ekstrem," kata peneliti Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung Muhammad Iid, Kamis (22/9/2016).

Hingga akhir bulan, kawasan Garut diprediksi berpotensi berawan dengan intensitas hujan ringan, sedang, dan tinggi. Intensitas hujan akan beragam setiap harinya.

Kondisi hampir serupa juga kemungkinan terjadi di berbagai kabupaten/kota di Jawa Barat. Mayoritas daerah akan dilanda hujan.

"Wilayah Jabar pada umumnya selama September, Oktober, dan November sifat hujannya normal dan di atas normal," jelas Iid, sapaan akrabnya.

Disinggung kondisi cuaca di Garut yang tergolong ekstrem, dikarenakan masa peralihan musim hujan ke kemarau. Setelah benar-benar masuk ke musim hujan, biasanya intensitas hujan akan beragam.

"Dalam kondisi tertentu, peralihan dari musim kemarau ke hujan biasanya ditandai kondisi ekstrem. Yang perlu diwaspadai (di berbagai daerah di Jawa Barat) itu kejadian banjir bandang, banjir, dan longsor," tutur Iid.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6944 seconds (0.1#10.140)