Rekor se-Jabar, Dua Hari Kasus COVID-19 di Cirebon Bertambah 20 Orang

Minggu, 26 Juli 2020 - 22:23 WIB
loading...
Rekor se-Jabar, Dua Hari Kasus COVID-19 di Cirebon Bertambah 20 Orang
Rekor se-Jabar, Dua Hari Kasus COVID-19 di Cirebon Bertambah 20 Orang. Foto/SINDOnews/Mif
A A A
CIREBON - Kasus terkonfirmasi COVID-19 di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat (Jabar) terus bertambah. Data terbaru yang dirilis Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, saat ini bertambah 20 kasus sehingga total seluruh kasus selama COVID-19 sebanyak 62 kasus.

Dari kasus dua puluh orang tersebut terdapat satu pasien positif yang baru pulang dari Semarang.

Hasil tracking atau kontak erat dengan pasien tersebut sebanyak 22 orang dan 16 dinyatakan positif COVID-19.

Dari 16 dinyatakan terkonfirmasi positif terdapat di wilayah Desa Trusmi Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon. Saat ini semuanya tengah menjalani perawatan dan isolasi di rumah sakit.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon dr Eny Suheni menuturkan, kronologis 16 orang yang positif COVID-19 berawal dari salah satu warga yang bekerja di Semarang, Jateng.

Orang tersebut sakit dijemput oleh keluarganya dan sempat menjalani pemeriksaan hasilnya positif COVID-19.

Dari pasien tersebut petugas segera melakukan tracking kepada 22 orang, yang melakukan kontak erat dengan pasien. Setelah dilakukan swab test maka terdapat 16 orang, dinyatakan positif.

Sebanyak 9 orang yang positif merupakan satu keluarga, 5 orang aparat desa dan 1 orang pembantu serta 1 orang lagi merupakan tukang becak yang biasa mangkal di depan tempat tinggal satu keluarga terebut.

"Penambahan kasus ini, merupakan sejarah baru kasus Covid 19 di wilayah Kabupaten Cirebon," ungkap Eny Minggu (26/7/2020). (Baca juga: Kawanan Monyet Turun Gunung, Rusak Atap Rumah Warga di Lembang)

Kluster baru ini merupakan hasil penelusuran dari kasus ke 42 dan mendapatkan 22 orang yang dilakukan swab test. 16 diantara menjalani perawatan dan diisolasi di rumah sakit Arjawinangun.

Sementara itu, untuk mengantisipasi lebih banyak lagi penyebaran COVID-19, petugas akan mengadakan Swab test massal untuk warga di wilayah Trusmi. (Baca juga: Mahasiswa di Bogor Apresiasi Kapolri dan Kabareskrim Tangani Kasus Djoko Tjandra)

Saat ini kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Cirebon, mencapai 62 kasus diantaranya 24 dinyatakan sembuh dan 34 diantaranya masih dalam perwatan dan 4 meninggal dunia.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0882 seconds (0.1#10.140)